AKSI PEDULI COVID-19 BERUPA SOSIALISASI dan PEMBERIAN BANTUAN UNTUK WARGA KELURAHAN CIPINANG MELAYU

Jakarta-Nusa Mandiri 

Dosen STMIK Nusa Mandiri melakukan aksi peduli covid-19 berupa sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 dan pemberian bantuan kepada warga RT 008/ RW 013 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar, Selasa, 05 Mei 2020.

Covid-19 merupakan sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis corona virus yang baru ditemukan. Covid-19 adalah virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok pada bulan Desember 2019, gejala covid-19 yang paling umum adalah demam, rasa lelah, dan batuk kering, beberapa pasien mungkin mengalami rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, atau diare. Gejala yang dialami bersifat ringan dan muncul secara bertahap ada juga sebagain orang yang terinfeksi tidak menunjukan gejala apapun dan tetap merasa sehat. Indonesia merupakan salah satu Negara yang terdampak virus corona dan Jakarta merupakan kota yang memiliki kasus positif covid-19 tertinggi. Berdasarakan hal tersebut pemerintah membuat kebijakan guna menghentikan penyebaran virus covid-19 dengan mulai diberlakukan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) yang dianggap mampu mempercepat penanggulangan sekaligus mencegah penyebaran virus  covid-19 yang semakin meluas. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan warga RT 008/ RW 013 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar dapat membantu memutus mata rantai penyebaran covid-19, juga memberikan bantuan bagi warga yang terdampak dari pemberlakuan PSBB.

Kegiatan ini dilaksanakan di Nusa Mandiri Tower Jatiwaringin dengan tetap memperhatikan  protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak dalam pelaksanaannya. Ketua pelaksana pelatihan ini yaitu Bapak Fachri Amsury, M.Kom yang dibantu oleh Ibu Syifa Nur Rakhmah, M.Kom, Ibu Wulan Dari, M.Kom dan Muhammad Rizki Fahdia, M.Kom. Sosialisasi diberikan oleh seorang tutor yaitu Ibu Syifa Nur Rakhmah, M.Kom. Juga terlibat beberapa mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yaitu Andri Akbar, Balqis Citra Pertmata Dyma, Cipto Handoyo dan Rolita Pratiwi.

Warga RT 008/ RW 013 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar sangat merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini mereka dapat mengerti dan memahami cara penanggulangan sekaligus mencegah serta memutus mata rantai penyebaran virus  covid-19 serta diberikan bantuan yang sangat berarti untuk mereka. Warga menyambut baik kegiatan positif ini serta diharapkan akan berlanjut mengingat sulitnya mencari nafkah dan masih bertambahnya korban positif covid-19 pada situasi darurat covid-19 di Indonesia saat ini.