Dosen UNM Ciptakan Animasi Untuk Belajar Bahasa Jepang

animasi interaktif
animasi interaktif

Oleh: Safitri Linawati

NusamandiriNews — Penggunaan bahasa sebagai media komunikasi saat ini, menjadi hal yang penting. Bahasa merupakan cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan berkomunikasi merupakan bagian yang hakiki dalam kehidupan bermasyarakat.

Bahasa juga merupakan salah satu cara untuk mengetahui respon dari interaksi antar manusia. Tetapi, banyak diantara individu, umumnya hanya menguasai bahasa daerah asal mereka saja, serta bahasa negara sendiri.

Era digitalisasi saat ini, menuntut seseorang untuk memenuhi kebutuhan terhadap pengembangan diri dalam penguasaan bahasa asing, yang merupakan salah satu faktor dalam leadership identity dalam mendukung aktualisasi diri.

Baca juga: Aplikasi SATRIA BSSN, Hujani Sentimen Negatif

Di setiap lini, aktivitas masyarakat tidak terlepas dari sarana teknologi informasi seperti internet, website, gadget dan platform teknologi lainnya. Komunikasi melalui bahasa, memungkinkan tiap orang untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya, serta memungkinkan tiap orang untuk mempelajari kebiasaan, adat istiadat, kebudayaan serta latar belakang budayanya masing-masing.

Ada beberapa bahasa dari negara lain yang banyak diminati untuk dipelajari, salah satunya adalah bahasa Jepang. Dalam Bahasa Jepang, terdapat beberapa perbandingan dalam penggunaan huruf, susunan kalimat, serta struktur tata bahasa yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Untuk itu, dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) berkolaborasi dengan dsoen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) membuat animasi interaktif berbasis multimedia untuk pengenalan bahasa Jepang.

Dalam perihal penyampaian makna, kata-kata dalam aplikasi multimedia dapat menjadi faktor yang bisa dipergunakan untuk memperluas cakupan teks pada saat proses pengecekan suatu topik tertentu. Multimedia menjadikan sebuah pesan yang dapat tersampaikan dengan mudah, karena didukung dengan bunyi, gambar, video yang lebih menarik dilihat.

Animasi interaktif menjadi media pembelajaran yang efektif, sebab menggunakan audio visual sebagai media penyampaiannya. Dimana, animasi dapat diartikan sebagai proses perubahan visual yang terjadi sepanjang waktu dengan memberikan kekuatan proyek multimedia dan halaman web yang dibuat.

Teknik animasi ini mempunyai banyak frame yang berjalan secara berurutan. Animasi yang digunakan pada animasi interaktif ini memakai tokoh-tokoh karakter serta background yang digambar dengan tangan dan sedikit teknik komputer.

Baca juga: Implementasikan Data Mining Dalam Membantu Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Tenant

Pembelajaran dengan media animasi interaktif pengenalan bahasa Jepang ini, bertujuan untuk membantu proses pengenalan dasar bahasa jepang, yang bisa membantu para pemula memahami bahasa jepang secara efektif dan effisien.

Diharapkan dengan adanya animasi interaktif ini, dapat membantu masyarakat yang hendak mempelajari bahasa asing terutama dasar bahasa Jepang dengan mudah dan cepat. (UMF)