Pembuatan Kontrol Keamanan Jaringan Dengan Virtual Private Network

Pelatihan VPN
Pelatihan VPN

Depok, NusamandiriNews–Di saat perkembangan teknologi cyber yang semakin meningkat, hampir semua individu saat ini memiliki internet untuk kebutuhan pribadi atau bisnis. Keamanan data dari perangkat yang terhubung ke internet seharusnya menjadi prioritas utama saat menggunakan internet.

Kejahatan cyber tidak hanya terjadi dari pihak luar saja melainkan juga dari pengguna dalam jaringan tersebut. Perusahaan startup Mandiri Digital Universe (MDU) berkolaborasi dengan Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda untuk melatih siswa/i magang dari SMK Al Muhajirin dalam membuat konsep keamanan jaringan yang baik menggunakan VPN.

Baca juga: Pelajar Magang di MDU Bisa Ciptakan Teknologi Sensor Kebakaran Rumah

Keamanan Jaringan Dengan Virtual Private Network

Andry Maulana selaku kepala kampus UNM kampus Margonda mengatakan Virtual Private Network (VPN) telah menjadi alat yang sangat populer di dunia internet.

“VPN merupakan layanan yang memungkinkan pengguna mengakses internet melalui koneksi yang aman dan terenkripsi, yang sering digunakan untuk menjaga privasi online.

Namun, seiring dengan popularitasnya, muncul pertanyaan tentang bagaimana VPN digunakan, baik untuk melindungi privasi atau untuk tujuan yang lebih kontroversial.

“Pelatihan VPN merupakan topik yang penting dalam dunia teknologi informasi dan keamanan digital. bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana mengamankan komunikasi online,” tegasnya.

Sesi pelatihan yang intens ini menawarkan berbagai materi, mulai dari pengenalan dasar tentang VPN hingga pemahaman mendalam tentang bagaimana VPN dapat digunakan untuk berbagai tujuan.

Untuk lebih memahami keamanan jaringan komputer dengan baik, jelasnya generasi muda dapat berkuliah di UNM Kampus Margonda memiliki jurusan Informatika.

“Jurusan Informatika sebagai tempat yang tepat untuk memulai perjalanan karir menuju kesuksesan di bidang IT. Memahami seluk beluk dasar-dasar jaringan komputer dan keamanannya,” kata Andry.

Baca juga: Istimewanya Kuliah di Kampus Digital Bisnis UNM Kampus Margonda

Dengan bergabung di Jurusan Informatika UNM, pendampingan yang baik diberikan oleh dosen dosen profesional sehingga menghasilkan lulusan yang siap untuk menghadapi tantangan teknologi terbaru dan menjadi bagian dari inovasi yang membentuk era industri 5.0

Sementara itu, Intan Nova Aulia salah satu siswi SMK Al-muhajirin mengatakan merasa senang dengan adanya kegiatan pelatihan ini.

“Terima kasih kepada MDU dan UNM kampus Margonda, kami telah diberi pemahaman mengenai sistem yang namanya VPN, dan bagi kami itu sangat mambantu apa lagi buat anak muda seperti kami,” ujarnya. (UMF)