“Awali Perkuliahan dengan Pengenalan Akademik & Matrikulasi”

Program Studi Ilmu Komputer (S2) STMIK Nusa Mandiri menyambut para mahasiswa baru tahun akademik Ganjil 2020-2021 dengan mengadakan kegiatan “Masa Pengenalan Akademik Sharing & Motivasi serta Perkuliahan Matrikulasi”. Sesuai dengan protokol kesehatan, kegiatan ini dilakukan pertama kalinya dengan sistem daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Acara ini diadakan setelah penerimaan mahasiswa baru Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa mulai dari program perkuliahan maupun peraturan yang berlaku. Selain itu kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang saling mengenal antara mahasiswa satu dengan mahasiswa lainnya serta mempersiapkan diri sebelum memasuki materi – materi perkuliahan karena pada Kuliah Umum Matrikulasi ini disampaikan beberapa perkuliahan dasar, kira – kira untuk menyamakan persepsi.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB oleh MC Ibu Laela Kurniawati, M.Kom, kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 68 orang mahasiswa baru tahun akademik Ganjil 2020-2021. Kegiatan pararel dibuka oleh Ketua STMIK Nusa Mandiri Ibu Dr. Dwiza Riana, S.Si, MM. M.Kom dengan memberikan sambutan dan sharing motivasi agar para mahasiswa baru bertambah semangat dalam mengejar gelar M.Kom dan lulus tepat waktu. Dilanjutkan dengan Pengenalan Akademik dari Sekretaris Prodi Ilmu Komputer (S2), Ibu Eni Heni Hermaliani, MM., M.Kom, dalam paparannya beliau menjelaskan prosedur yang harus ditempuh dari awal masuk kuliah hingga lulus pada sidang tesis nanti, salah satunya kewajiban publikasi sebelum mendaftar bimbingan tesis.

Setelah sharing motivasi dan pengenalan akademik, dilanjutkan dengan Kuliah Umum Matrikulasi dengan 3 mata kuliah, mata kuliah pertama disampaikan pada hari pertama oleh Bapak Dr. Hilman F Pardede, ST., MEICT selaku Kaprodi Ilmu Komputer (S2) sekaligus dosen Magister Prodi Ilmu Komputer (S2) dalam paparan mata kuliah Introduction to Computer Science, beliau memperkenalkan mulai ilmu komputer secara umum, komputer dan agen komputasi, algoritma dan pemrograman, tren – tren yang ada pada ilmu komputer saat ini hingga bagaimana ilmu komputer yang ada di STMIK Nusa Mandiri. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu, 5 hingga 6 September 2020 mulai pukul 8 pagi hingga 12 siang setiap harinya, benar – benar weekend yang produktif bukan??

Pada hari kedua, jam pertama yaitu pukul 08:00 – 10:00 WIB Perkuliahan Umum Matrikulasi dilanjutkan oleh Ibu Dr. Euis Meinawati, M.Pd pada mata kuliah matrikulasi Advanced English for Computer Scientist yang memberikan paparan mengenai bagaimana untuk dapat dengan mudah memahami paper – paper penelitian berbahasa inggris dan skill bahasa inggris yang perlu dimiliki oleh seorang mahasiswa Magister. Mata kuliah selanjutnya oleh Bapak Prihandoko, MIT, Ph.D dengan materi matrikulasi Ethics in Information Technology, dalam paparannya beliau menjelaskan apa itu etika, etika bisnis di dunia, membina praktik bisnis yang baik hingga bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang beretika.  Acara ini berlangsung khidmat dan diikuti dengan penuh antusiar para mahasiswa baru dengan banyaknya pertanyaan yang muncul pada fitur chat aplikasi zoom yang digunakan, dengan diadakannya acara ini diharapkan mahasiswa baru dapat mengenal sistem akademik Program Studi Ilmu Komputer (S2) sebelum dimulainya perkuliahan dan dapat melaksanakan perkuliahan dengan baik dan maksimal.