STMIK Nusa Mandiri Bagikan Tips Menulis Bagi Pemula di Seminar SINERGI

Tips Menulis Artikel

JAKARTA, NusamandiriNews – Melatih diri dalam menulis bagi pemula memang tidaklah mudah, butuh proses dan latihan agar dapat menghasilkan sebuah karya tulis yang  bagus dan menarik untuk dibaca. Melalui Seminar SINERGI yang digelar oleh Kampus Sekolah Tinggi Manajamen Komputer dan Informatika (STMIK) Nusa Mandiri, Tim Jurnalis Nusamandiri memotivasi para mahasiswa baru agar menjadi penulis artikel dan berita handal di media online, secara live via Zoom, Senin (21/09).

Dengan tema  ‘Kiat Sukses Menulis Artikel serta Berita di Media Online’, webinar ini mendapat antuasiasme dari ratusan mahasiswa baru. Muhammad Rifqi Firdaus selaku ketua Tim Jurnalis Nusa Mandiri memaparkan bahwa kegiatan ini untuk mengajak dan membangkitkan jiwa kepenulisan, agar tidak hanya mampu berbicara namun juga beraksi lewat karya. Selain itu, juga untuk mengenalkan Tim Jurnalis Nusa Mandiri.

Baca Juga : Nusa Mandiri Entrepreneur Center Sukses Gelar Webinar KUIS Bersama Alumni

“Kami ingin meningkatkan minat menulis bagi para mahasiswa baru. Karena sebagai seorang mahasiswa akan sering menulis. Baik itu, makalah, proposal, maupun jurnal. Ilmunya, sama,” kata Rifqi.

Ia memaparkan, banyak pilihan profesi yang bisa diambil untuk merambah sebagai seorang penulis online. Seperti content writer, blogger, copywriter, translator dan lain-lain. “Dibalik profesi itu, ada tokoh-tokoh sukses diantaranya Rayi Dwitya Larasati yang merupakan Senior Content Writer di Bukalapak, Raditya Dika yang berasal dri Blogger dan masih banyak lagi,” ujar Rifqi.

Dalam materinya juga, ia membagikan tips bagaimana menjadi seorang penulis handal di media online, seperti teknik-teknik menulis yang sesuai kaidah jurnalistik.

“Jangan bingung saat ingin mulai menulis, tulis aja apa yang ada di kepala. Nanti dibaca lagi, masukan unsur jurnalistik (5W+1H),” paparnya.

Baca Juga : Universitas Nusa Mandiri Ajak Generasi Muda Rayakan Hut kemerdekaan Melalui Webinar

“Dengan menerapkan beberapa tips dan trik yang dibagikan dalam seminar ini, akan membuat kita menjadi semakin mengenali kekurangan tulisan yang dibuat. Ternyata, untuk menulis yang baik perlu melihat tren apa saja yang sedang digermari saat ini dan unik berbeda dari yang lain,” tutupnya.

Seminar SINERGI yg merupakan rangkaian kegiatan dari Masa Perkenalan Kampus bagi mahasiswa baru,  digelar dari tanggal 21 sampai 25 September 2020. Kegiatan ini menjadi rangkaian dari penyambutan mahasiswa baru di kampus STMIK Nusa Mandiri.