STMIK Nusa Mandiri Gelar Webinar Manajemen Big data dan AI untuk Edukasi

Rabu, 25 November 2020 STMIK Nusa Mandiri adakan kegiatan webinar melalui aplikasi BISA AI untuk mahasiswa semester I.  Kegiatan webinar yang diadakan Prodi Sistem Informasi ini mengusung tema “Webinar Manajemen Big data dan AI untuk Edukasi”. Kegiatan Webinar Manajemen Big data dan AI untuk Edukasi diselenggarakan bersama dengan Tim Bisa.Ai dan DQLab . Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib tahunan yang diselenggarakan oleh Prodi Sistem Informasi. Kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa/i STMIK Nusa Mandiri semester I (satu) Program Studi Sistem Informasi (SI). Peserta mengikuti kegiatan webinar ini secara online melalui https://bisa.ai/.

Kegiatan kali ini, menghadirkan dua pembicara yang ahli dibidangnya yaitu M. Octaviano Pratama, sebagai Co-Founder BISA AI dan pembicara kedua yaitu Bhaskoro Muthohar yang merupakan Staff Data Management and Operation Fintech Data Center AFPI, serta salah satu Member DQLab. Sebagai moderator dari kegiatan tersebut yaitu Nurmalasari, yang juga menjabat sebagai sekretaris Prodi Sistem Informasi. Kegiatan webinar ini diadakan secara daring yang berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Octaviano selaku pembicara pertama menjelaskan tentang Manajemen AI untuk Edukasi. Octaviano menjelaskan apa itu data, bagaimana cara mengolah data di machine learning dan juga bagaimana cara manajemen AI untuk implementasi data dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, Bhaskoro selaku pembicara kedua memaparkan materinya tentang pentingnya data, untuk apa Data digunakan, serta apa itu data science. Bhaskoro juga menceritakan pengalamannya belajar mengolah data untuk pemula, memberikan refrensi buku-buku tentang data science untuk memulai belajar. Sehingga diharapkan mahasiswa mampu termotivasi untuk memulai belajar dasar-dasar data science dan kedepannya mampu mengolah dan memanfaatkan peluang dari adanya big data.

Sukmawati selaku kepala Program Studi Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri yang memberikan sambutan sangat mendukung kegiatan webinar ini, selain memberikan ilmu dan pengetahuan baru, sukmawati berharap ilmu pengetahuan yang diperoleh membantu mahasiswa nantinya dalam menyusun skripsi.

“Saya berharap kegiatan webinar ini akan memberi wawasan yang lebih luas untuk mahasiswa dan semoga materi-materi yang disampaikan dapat menjadi landasan bagi mahasiswa dalam mengerjakan skripsinya, karena di pilihan outline skripsi prodi ada salah satu outline mengenai pengolahan big data menjadi sebuah keputusan” Ujar Sukmawati Rabu 25/11.

Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan webinar ini, ditandai dengan banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan menarik tentang materi yang dijelaskan. Pembicara juga merasa senang karena banyak peserta yang aktif bertanya sampai waktu selesai masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab.