Pemanfaatan Media Online dan Mobile Computing Sebagai Sarana Dakwah Di Masa Pandemik Pada Mitra DKM Jami Darul Hikmah

Jakarta, NusamandiriNews – Setahun lebih negara indonesia mengalami masa masa sulit karena adanya pandemi covid 19. Banyak aktivitas keseharian yang dibatasi seperti bekerja, berdagang berkumpul dan belajar. Pembatasan ini dilakukan agar penyebaran virus covid 19 dapat terputus. Pembatasan ini juga meliputi aktivitas pengajian dalam menyampaikan dakwah islam. Aktivitas dakwah yang biasanya dilakukan secara langsung kepada masyarakat kini berubah dengan menggunakan sistem online.

Dengan adanya permasalahan tersebut maka segenap dosen tetap Universitas Nusa Mandiri (UNM) melakukan sebuah kegiatan yang bertema Pemanfaatan Media Online dan Mobile Computing Sebagai Sarana Dakwah Di Masa Pandemi Pada Mitra DKM Jami Darul Hikmah dimana pada kegiatan tersebut diselenggarakan atas Kerjasama Dosen Tetap Universitas Nusa Mandiri (UNM) Program Studi Sistem Informasi, Bagian PPPM Kampus Nusamandiri dan DKM Jami Darul Hikmah pada tanggal 03 April 2021 melalui aplikasi ZOOM (Virtual Meet) sebanyak 20 peserta.

Baca Juga : Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Secara Bijak Sesuai Dengan Literasi Digital Kepada Karang Taruna RT 008/013 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar

Pada kegiatan ini penyampaian materi lebih terfokus bagaimana cara melaksanakan aktifitas dakwah secara online pada masa pandemi. Pemanfaatan fitur zoom dan youtube sebagai sosial media dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan kegiatan dakwah tanpa harus berkumpul dalam satu tempat. Banyak para pendakwah yang sudah memulai dengan cara membuat kajian online atau memulai pengajian dengan cara live streaming menggunakan youtube. Selain memanfaatkan fitur online kegiatan ini juga dapat menghasilkan pendapatan tersendiri dengan cara memonetize channel dakwah yang dibuat.

Kegiatan ini pun sangat disambut baik oleh peserta DKM Jami Darul Hikmah. Hal ini dianggap sebagai terobosan baru dalam menyampaikan ilmu dan mensyiarkan dakwah. Mereka pun berpesan agar setiap kegiatan pengabdian masyarakat ini selalu memberikan ide ide yang baik untuk tujuan dakwah islam.