Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri Gelar Workshop Online BMC dan Proposal Inovasi (Pitchdeck)

Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri Gelar Workshop Online BMC dan Proposal Inovasi (Pitchdeck)

Jakarta, NusamandiriNews – Workshop Online BMC dan Proposal Inovasi (Pitchdeck) merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Webinar series yang digelar Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri. Workshop BMC ini merupakan webinar series pertama yang sukses dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Mei 2021 yang berkolaborasi dengan Nusa Mandiri StartUp Center (NSC).

Workshop BMC kali ini, diikuti kurang lebih 340 mahasiswa semester VI Prodi Sistem Informasi, yang mana pada kegiatan tersebut mengundang pembicara yang ahli dibidangnya yaitu Danny Kosasih selaku CO Founder of Innovesia. Dengan dipandu oleh Siti Nurlela selaku moderator.

Diawal sesi, Sukmawati Anggraeni Putri selaku Kaprodi Sistem Informasi memberikan sambutan untuk seluruh peserta workshop. Sukmawati mendukung penuh kegiatan tersebut dan memberikan semangat untuk mahasiswa.

Baca Juga : Virtual Workshop Machine Learning for Computer Vision : Image Processing with Matlab

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, selain sebagai kegiatan wajib yang bersifat akademis dari kampus, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan ilmu dan gambaran bagi kalian dalam membangun suatu business dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Silahkan kalian manfaatkan dengan baik kesempatan ini untuk belajar dan mengambil ilmu-ilmu dari ahlinya secara langsung.”Ungkap Sukmawati (25/05/21).

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Danny Kosasih. Diawal materi, Danny menjelaskan mengenai apa itu Business Model Canvas (BMC) dan kiat sukses membangun business dengan menggunakan rancangan BMC.

“Untuk membangun sebuah business, temen-temen harus memiliki sebuah ide,kemudian siapa target pelanggannya dan apakah memiliki sumber dana, setelah itu yang terakhir apakah mendatangkan keuatungan, atau malah membuat kita banyak mengeluarkan uang. Jika salah satu dari ketiganya tidak terpenuhi, maka akan berpotensi gagal” Jelas Danny

“BMC juga berfokus pada 3 hal yaitu Proses Internal (Feasibility), Poses Eksternal (Desirability) dan blok yang berfokus pada biaya dan pendapatan Viability” Lanjut Danny menjelaskan (25/05/21).

Baca Juga : Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri Gelar Workshop Online BMC dan Proposal Inovasi (Pitchdeck)

Kegiatan workshop BMC berlangsung dengan baik, terlihat sesaat setelah penyampaian materi oleh pembicara, mahasiswa dengan interaktif mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang telah dipaparkan melalui kolom chat zoom maupun secara langsung  dengan mengaktifkan video dan audio.

Antusian mahasiswa terhadap kegiatan workshop kali ini, menandakan bahwa mahasiswa memiliki ketertarikan tinggi terhadap tema yang diberikan tentang membangun business dengan Business Model Canvas (BMC).

Ditambah lagi dengan pemaparan materi yang sangat menarik dan ilmu-ilmu baru yang diperoleh langsung dari pengalaman hidup pembicara membantu mahasiswa dalam mempersiapkan laporan akhir (Skripsi) mereka ,terutama di outline Skripsi StartUp yang telah disediakan oleh Prodi.