Sharing Discussion Lentera UMKM Bersama Mitra UMKM Jakarta Untuk Kembangkan Inovasi Produk

Rabu, 30 September 2020 Lentera UMKM Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri sukses selenggarakan Webinar Lentera UMKM dalam upaya pelaksanaan program hibah IEEE bermitra dengan pelaku UMKM di Jakarta

Webinar Lentera UMKM ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan untuk membantu pelaku UMKM dalam mendapatkan ide-ide pengembangan inovasi produk dan penjualan para pelaku UMKM.

Pada Webinar Lentera UMKM 2020 ini menghadirkan dua narasumber yang berkompeten dibidang inovasi yakni Bapak Danny Kosasih yang saat ini menjabat sebagai Co-Founder Innovesia serta Ibu Siti Nurlela, M.Kom selaku Kepala Nusa Mandiri Innovation Center. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00-11.30  WIB dan berlangsung selama ±2,5 jam secara daring melalui Zoom Meeting diikuti oleh ±45 partisipant dengan dipandu oleh Cleossa L.A Putri.

Pada pemaparan materi pertama oleh Danny membuka penjelasannya dengan memaparkan perkembangan bisnis UMKM online di Indonesia saat ini, teknologi yang dapat dimanfaatkan UMKM, dan pada akhir pemaparan Danny memberikan studi kasus eCommerce Road Map dengan memberikan ilmu “Bagaimana cara membuat kalimat deskripsi produk yang menarik, memfoto produk dengan baik, menuliskan keyword dalam google Edward agar produk kita terdeteksi dalam google search, bagaimana pengelolaan produk, bagaimana melakukan inovasi produk dan proses penjualan untuk mengembangkan pasar dan tips-tips lainnya agar dapat membuat produk lebih bagus” terang Danny.

Danny menambahkan “kita bisa mengembangkan UMKM dengan memanfaatkan teknologi chat bot seperti WhatsApp, IG dan lain sebagainya. Kalau bukan sekarang kapan lagi, manfaatkan peluang saat ini. Ini adalah waktunya untuk berubah menjadi lebih baik” pungkas Danny.

Masuk sesi materi kedua oleh narasumber kedua yakni Siti Nurlela menerangkan mengenai pentingnya surat menyurat dalam bisnis. “Surat menyurat secara digital melalui email mungkin tidak asing lagi bagi kita, dengan email kita bisa mengirimkan file, foto, video dan chat. Email ini bagaikan ujung tombak aktifitas surat menyurat karena dengan adanya email ini bisa menghubungkan kita dengan berbagai media social yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kelancaran bisnis kita” Jelas Siti.

Siti menambahkan pada materi berikutnya “Pitchdeck ini merupakan ilmu baru yang belum lama ini hadir dikalangan pebisnis yakni istilah Pitchdecks dan BMC yang dapat digunakan oleh pebisnis untuk merepresentasikan dan menjelaskan gambaran mengenai rencana bisnisnya secara singkat, jadi sekarang businessplan tidak lagi menggunakan proposal yang bertele-tele melainkan menggunakan media Pitchdecks dan BMC yang hanya digambarkan dalam selembar canvas sehingga lebih memudahkan pebisnis juga investor. Pitchdecks ini hanya dibuat sesingkat mungkin karena investor tidak memiliki banyak waktu untuk membaca businessplan kita” tambah Siti.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir acara. Dilihat dari antusias participant dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM untuk dapat memacu ide-ide inovatif para pelaku UMKM sehingga harapannya dapat memajukan dan mengembangkan UMKM yang saat ini sedang dijalankan.