Prodi Sitem Informasi Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Webinar series Enterprise Architecture for Business Value

Jakarta Bsi-News

Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri lagi-lagi kembali gelar webinar series, kali ini dengan tema “How TOGAF Quickly Deliver Business Value”. Webinar yang diikuti oleh mahasiswa semester VII ini sukses digelar pada hari Sabtu, 19 Juni 2021 melalui Zoom Meeting.

Webinar kali ini menghadirkan pembicara yang luar biasa dan ahli dibidang Enterprise Architecture yaitu Bapak Adi Wijaya, M.Kom selaku Consultant IT Blueprint –  Enterprise Architecture dengan dipandu oleh Daniati Uki Eka selaku moderator.

Webinar kali ini diawali dengan sambutan dari Ibu Sukmawati Anggraeni Putri selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi. Sambutan singkat namun menjadi penyemangat mahasiswa untuk semangat belajar dan terus menggali potensi-potensi diri khusunya dalam bidang bisnis.

“ Webinar How Togaf Quickly Deliver Business Value ini diadakan oleh Prodi Sistem Informasi tak lain untuk memfasilitasi mahasiswa dalam belajar diluar jam kelas mengenai Enterprise Architecture khususnya Framework TOGAF untuk Business Value , Jadi manfaatkan sebaik mungkin dan ambil ilmunya untuk bekal dikedepannya“. Ungkap Sukmawati (19 Juni 2021)

Kemudian dilanjutkan sesi kedua yaitu pemaparan materi oleh bapak Adi Wijaya. Adi menjelaskan mengenai apa itu Enterprise Architecture, Manfaat Enterprise Architecture, dan salah satu Framework dari Enterprise Architecture sendiri.

“Enterprise Architecture digunakan untuk mengelola sistem organisasi yang besar yang mencakup inti-inti dari bisnis seperti Business architecture, Data architecture, Application architecture, Technology architecture. Dan manfaat dari Enterprise Architecture sendiri seperti Efisien dalam proses bisnis dan operasinal IT serta mengurangi resiko bisnis.” Jelas Adi (19 Juni 2021)

“Salah satu framework Enterprise Architecture adalah TOGAF. TOGAF merupakan kerangka kerja dan metodologi untuk pengembangan kerangka arsitektur enterprise. Jadi tanpa arsitektur yang bagus, akan sulit untuk  mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis” Lanjut Adi..

Webinar kali ini berlangsung lancar, terlihat sesaat setelah pemaparan materi, mahasiswa dengan aktif bertanya maupun sekedar sharing pengalaman bisnis yang sudah dijalankan oleh mahasiswa. Antusias mahasiswa tersebut menandakan bahwa tema yang diangkat menarik dan sesuai dengan kebutuhan.