Tutorial Aplikasi Zoom Cloud Meetings Sebagai Media Pembelajaran Online

Aplikasi Zoom Cloud Meetings
Ilustrasi, Aplikasi Zoom Cloud Meetings

NusamandiriNews – Sampai saat ini sistem pembelajaran masih ada yang dilakukan secara daring. Hal ini disebabkan karena kasus covid-19 yang belum kunjung selesai di Tanah Air. Tidak hanya sistem pembelajaran saja yang terdampak karena adanya kasus tersebut, semua hal pun jadi ikut berimbas seperti bekerja, berbelanja dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, untuk dapat membantu para pelajar, guru, dosen ataupun pihak lainnya yakni dibutuhkan media pembelajaran agar dapat melakukan proses belajar-mengajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Salah satu contoh media pembelajaran yang saat ini banyak digunakan oleh pihak akademik dan menjadi salah satu media pembelajaran terbaik ialah Aplikasi Zoom Cloud Meetings atau yang biasa dikenal dengan zoom.

Baca Juga: Optimalisasi Google Classroom Untuk Mendukung Pembelajaran yang Efektif Pada Masa Pandemi Covid 19

Meski saat ini pengguna zoom telah banyak, tetapi masih ada juga orang yang masih kudet atau awam akan aplikasi tersebut. Mulai dari cara menggunakannya sampai kelebihan dan kekurangan pada aplikasi zoom. Dengan begitu, pada laman ini kami berniat untuk memberikan sedikit ulasan terkait cara penggunaan serta kelebihan dan kekurangan yang ada pada aplikasi zoom.

Tutorial Aplikasi Zoom Cloud Meetings

1. Sebagai Host (Guru/ Dosen)

  1. Install terlebih dahulu aplikasi zoom di Google Playstore (untuk pengguna smatphone) dan dapat install di laman https://zoom.us/  (untuk pengguna laptop/komputer)
  2. Kemudian buka aplikasi yang sudah ter-install, lalu klik sign-in
  3. Di bagian laman sign-in dapat menuliskan nama e-mail ataupun menggunakan akun google
  4. Kemudian tampilan akan berubah, dimana ada pilihan untuk memulai meeting (new meeting), join meeting, schedule, dan share screen, pilih new meeting untuk memulai meeting.

2. Sebagai Siswa/Mahasiswa

Sama seperti penggunaan untuk host, yang berbeda di point ke empat dimana siswa atau participant hanya memilih join meeting kemudian masukan ID dan Password yang diberikan oleh host.

Baca Juga: Tetap Produktif di Tengah Pandemi, Dosen dan Mahasiswa Gelar Webinar Edukasi Penggunaan Zoom

Kelebihan

1. Suasana seperti di kelas.
Karena pada aplikasi zoom, pengguna dapat melihat wajah teman dan guru dalam vidio siaran langsung. Sehinga, suasananya terasa seperti belajar di ruang kelas.2. Bisa melihat presentasi.
Presentasi yang disiarkan di kelas, bisa juga diperlihatkan kepada peserta didik di sini. Selain itu, power point bisa dicoret – coret oleh siapa saya yang bergabung dalam kelas. Hal ini membantu peserta didik supaya mudah memahami materi.3. Kualitasnya bagus.
Vidio siaran langsung pada aplikasi ini, memiliki kualitas yang bagus, gambarnya jernih, dan suaranya pun jelas. Cocok untuk belajar dan juga rapat.

Kekurangan

1.Hanya menggunakan bahasa inggris, sehingga pengguna yang tidak bisa berbahasa inggris, sulit untuk mengaksesnya.

2. Tergantung jaringan pengguna, jika stabil maka zoom pun akan stabil, jika tidak maka zoom akan sedikit bermasalah.

3. Harus memiliki memory yang cukup karena aplikasi tersebut memerlukan banyak space.(Dinar)