Untuk Menjamin Kualitas, Prodi Bisnis Digital Sukses Ikuti AMI

Prodi Bisnis Digital Sukses Laksanakan AMI
Prodi Bisnis Digital Sukses Laksanakan AMI

JAKARTA, NusamandiriNews—Untuk menjadi program studi (prodi) Bisnis Digital yang berkualitas dan berinovasi di bidang Marketing dan Entrepreneur sesuai dengan visi yang dimiliki, maka dilaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) oleh Badan Penjamin Mutu (BPM) Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Pelaksanaan AMI Universitas Nusa Mandiri (UNM) periode tahun ajaran 2021/2022 masuk pada siklus ke-5. Kegiatan ini sukses diselenggarakan selama 2 hari pada 16 dan 18 Agustus 2022, bertempat di rektorat Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Jatiwaringin.

Baca juga: Tingkat Kreatifitas Design Mahasiswa, Prodi Bisnis Digital Sukses Gelar Workshop

Prodi Bisnis Digital Sukses Ikuti AMI

Lia Mazia selaku ketua prodi Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan instrumen audit yang digunakan oleh BPM mengacu pada dokumen standar yang telah dimiliki oleh UNM yaitu dokumen standar pendidikan, dokumen standar penelitian, dokumen standar pengabdian kepada masyarakat.

“Selain itu, instrumen audit juga mengacu pada dokumen standar yang ditetapkan oleh UNM (standar perpustakaan, standar tracer study, standar mahasiswa, standar suasana akademik, standar identitas, standar kerja sama, standar integrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, standar tata pamong, dan standar kepemimpinan),” terangnya dalam rilis yang diterima, Senin (22/8).

Kegiatan AMI, paparnya merupakan bagian dari sistem penjaminan mutu internal yang berfungsi untuk melihat kesesuaian antara pelaksanaan kegiatan dengan perencanaan yang telah ditetapkan serta untuk mengetahui penyebab-penyebab ketidaksesuaian pelaksanaan dengan perencanaan.

“Dari hasil kegiatan audit ini banyak standar yang belum dicapai oleh prodi Bisnis Digital terutama pada standar-standar yang berkaitan dengan lulusan, namun hal ini tidak membuat kami jadi pesimis namun akan kami jadikan acuan agar standar-standar ini bisa kami capai saat kami memiliki lulusan”, tegasnya.

Ia menambahkan seluruh temuan auditor dicatat dan akan dijadikan dasar dalam penyusunan perencanaan kegiatan tahun 2022/2023. Kami juga mengucapkan terimakasih atas saran dan masukan yang disampaikan oleh auditor.

“Kami sangat berterima kasih atas masukan dan saran dari para auditor karena dengan adanya kegiatan audit ini kami selaku pengelola prodi akan mampu menjamin dan meningkatan kualitas prodi kami,” tambahnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan kegiatan audit ini, prodi Bisnis Digital didampingi oleh Ida Zuniarti selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Pada kesempatan ini, ia memberikan motivasi agar prodi senantiasa berupaya untuk mencapai standar-standar yang telah ditetapkan oleh rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Baca juga: Prodi Bisnis Digital Dukung Keilmuan di Era Milenial

“Karena jika prodi telah mencapai atau bahkan melebihi standar yang telah ditetapkan, nanti saat akan mengajukan akreditasi prodi Insya Allah akan mendapat hasil maksimal,” ujar Ida memberi dukungan saat pelaksanaan AMI.

Kegiatan AMI ini, katanya menjelaskan merupakan suatu kegiatan pemeriksaan yang sistematis dan independen untuk melihat kinerja prodi untuk menjamin ketercapaian visi dan misi seluruh unit kerja yang ada di lingkungan Universitas Nusa Mandiri (UNM).

“Pelaksanaan AMI ini untuk melakukan pemeriksaan sistematis dan independen pada kinerja prodi agar dapat meningkatkan mutu sesuai visi misi yang ada,” tandasnya. (UMF)