NusamandiriNews, Jakarta — Inovasi di dunia digital kembali dibuktikan oleh Muhammad Ibrahim, mahasiswa Program Studi (Prodi) Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM). Menggabungkan kreativitas, teknologi, dan tren metaverse gaming, Ibrahim berhasil merancang representasi virtual Kampus Nusa Mandiri di platform Roblox. Langkah ini menjadi terobosan dalam memperluas jangkauan branding kampus ke dunia virtual yang digemari generasi muda.
Dengan memanfaatkan Roblox Studio, Ibrahim membangun desain kampus yang menyerupai suasana nyata, mulai dari area kelas, ruang seminar, hingga spot interaktif yang dapat dieksplorasi pemain. Proyek ini tidak hanya berfungsi sebagai media promosi kampus, tetapi juga sebagai ruang interaksi digital, memungkinkan calon mahasiswa dan masyarakat umum merasakan pengalaman “mengunjungi” UNM secara virtual.
Baca juga: Mahasiswa Prodi Bisnis Digital UNM Asah Keterampilan UMKM Lewat Program BOOST
Mahasiswa UNM Ciptakan Kampus Virtual di Roblox
Sebagai Kampus Digital Bisnis, UNM terus mendorong mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif berbasis teknologi. Lia Mazia, Kaprodi Bisnis Digital UNM, memberikan apresiasi penuh terhadap karya ini.
“Kami sangat bangga dengan langkah inovatif yang dilakukan oleh Muhammad Ibrahim. Proyek ini menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi Bisnis Digital mampu memanfaatkan tren teknologi global untuk membangun branding kampus yang kreatif dan interaktif. Roblox sebagai platform internasional memberi peluang besar untuk menjangkau generasi Z secara global,” ujarnya dalam rilis yang diterima, pada Jumat (15/8).
Ia juga menambahkan bahwa pencapaian seperti ini sejalan dengan visi UNM melalui Internship Experience Program (IEP) 3+1, di mana mahasiswa menempuh tiga tahun kuliah di kampus dan satu tahun magang profesional di perusahaan ternama, baik nasional maupun multinasional.
“Melalui pembelajaran yang aplikatif dan peluang magang di dunia industri, mahasiswa bisa langsung mengimplementasikan keterampilan digital mereka, seperti yang dilakukan Ibrahim. Inilah bukti nyata bahwa kreativitas dan teknologi bisa berjalan beriringan,” tambahnya.
Baca juga: 10 Tim Unggulan UNM Siap Guncang Gemastik 2025, Targetkan Prestasi Emas di Ajang TIK Nasional
Sementara itu, Ibrahim mengungkapkan bahwa idenya terinspirasi dari tren metaverse dan virtual campus tour yang mulai diadopsi berbagai universitas di dunia.
“Saya ingin memperkenalkan UNM kepada publik dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. Dengan Roblox, siapa pun bisa merasakan atmosfer kampus meski berada jauh dari lokasi sebenarnya,” jelasnya.
Ke depan, Prodi Bisnis Digital UNM berencana mengembangkan dunia virtual ini menjadi lebih interaktif, termasuk penambahan simulasi kegiatan mahasiswa, pameran karya digital, hingga pelatihan berbasis game untuk mendukung pembelajaran kreatif. Inisiatif ini diharapkan menjadi model inovasi branding kampus di era transformasi digital.