Generasi Milenial Anti Hoax

Jakarta Nusa Mandiri-News 

Generasi Y atau yang disebut juga kaum milenial merupakan Generasi yang lahir pada kurun waktu 1980-1997. Kaum milenial saat ini santer diperbincangkan dalam berbagai kajian maupun berita baik dari gaya hidup, sisi perilaku dan sebagainya yang dilakukan setiap saat. Milenial tentunya saat ini hidup beriringan dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan canggih khususnya diera digital. Generasi milenial menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) merupakan pengguna aktif jaringan internet di Indonesia.

Berita hoax atau berita bohong yang belum tentu kebenarannya menjadi salah satu ancaman bagi kaum milenial yang tentunya saat ini menjadi pengguna aktif internet dengan rentang usia pengguna yaitu 19-34 tahun. Kaun milenial terkadang belum dapat secara bijak menggunakan serta menyebarkan informasi bahkan tampa kroscek kebenaran terlebih dahulu.

Dengan adanya permasalahan penyebaran informasi tanpa krocek di kalangan kaum milenial maka Program studi Teknik Informatika kampus STMIK Nusa Mandiri hadir memberikan dan megabdi pada masyarakat dengan mengadakan workshop untuk Remaja Masjid Al-Munawaroh Jl. Bambu Kuning Raya No. 29, Cengkareng Jakarta dengan tema ”Generasi Milenial anti HOAX”. Kegiatan pengabdian ini dilaksanankan pada minggu, 17 November 2019. Dimana berita hoax saat ini menyebar dengan sangat cepat pada generasi milenial khususnya remaja masjid yang ada di Al-Munawaroh. Sehingga remaja masjid Al-munawaroh dapat memfilter berita-berita hoax yang tersebar dari internet baik media sosial atau dari teman.

Dalam workshop ini materi disampaikan oleh tutor Bpk. Fajar Akbar, M.Kom, Dalam penyampaian materi berlangsung, antusias peserta yaitu Remaja Masjid Al-Munawaroh sangat baik dan mereka bertanya dengan sangat aktif dan sharing pengalaman yang selama ini dilakukan. Banyak dari mereka tidak memahami dengan benar informasi yang selama ini didapat dan disebar. Sehingga banyak dari remaja masjid merasa terjerumus kearah negatif selama ini. Pesan yang disampaikan oleh tutor yaitu agar Generasi milenial menghindari HOAX dan berhati-hati dalam menggunakan internet khususnya media sosial saat ini dan jangan sampai kena jerat UU ITE. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu menyebarkan informasi yang valid ke masyarakat.