WEBINAR Series STMIK Nusa Mandiri Connect: Learn and Protect Your Network Security

Jakarta-Nusa Mandiri 

Pada Rabu, 06 Mei 2020, STMIK Nusa Mandiri Program Studi Teknik Informatika menyelenggarakan kegiatan  Webinar Series Nusa Mandiri Connect: Learn and Protect Your Network Security. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Webinar Series Nusa Mandiri Connect yang merupakan bentuk peduli Nusa Mandiri untuk menekan dampak covid 19 terhadap dunia Pendidikan. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB menggunakan media zoom dengan dihadiri sebanyak 125 peserta terdiri dari Guru Sekolah, Pelajar SMU/SMK, Dosen dan Mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi, serta undangan.

Acara dibuka oleh Ridan Nurfalah, S.Kom sebagai moderator, sebelum masuk acara inti, seluruh panitia, pembicara dan peserta  melakukan foto bersama. Selanjutnya, masuk acara inti yang dibawa oleh Bapak Firmansyah, M.Kom. selaku Narasumber yang merupakan Dosen STMIK Nusa Mandiri dimana di tahun ini beliau meraih Runner Up Top Performing Instructor Introduction to Cybersecurity Malaysia/Indonesia.

Mengawali presentasi, narasumber memutar video tentang bagaimana terjadinya cyber crime dari pencurian data. Bapak Firmansyah memberi tips bagaimana meminimalisir terjadinya pencurian data, antara lain: 1) batasi hak akses ke dalam jaringan, 2) keamanan infrastruktur jaringan, 3) keamanan data dan media, 4) IoT Security. Selain itu narasumber kali ini juga menjelaskan beberapa kegiatan Cybersecurity sumber daya telematika demi mencegah terjadinya tindakan cyber crime atau cyber attack. Cyber attack disini bertujuan untuk mengganggu secara fisik maupun alur logic sistem yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersedian (availability) informasi.

Kegiatan berlangsung sangat kondusif dan selesai pada pukul 12:00 WIB. Kebahagiaan kami bisa memberikan ilmu yang bermanfaat ditengah-tengah pandemi corona saat ini dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang menunjang seperti zoom, google meet dan sebagainya, insyaallah kegiatan ini akan terus dilangsungkan kedepanya dengan berbagai macam tema yang ada. Serta dengan tema webinar kali ini diharapkan dapat menigkatkan kewaspadaan kita terhadap bentuk-bentuk cyber crime yang banyak terjadi di era digital khususnya di masa pandemic saat ini.