Nusa Mandiri Virtual Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi dengan Tema “Kiat Sukses Lulus Sertifikasi Kompetensi”

Virtual Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi
Foto : Virtual Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi

Jakarta, NusamandiriNews – Kamis, 25 Maret 2021 STMIK Nusa Mandiri mengadakan kegiatan untuk mahasiswa semester 1 sampai dengan 9 Program Studi Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri dengan tema “Kiat Sukses Lulus Sertifikasi Kompetensi”. Kegiatan bertujuan untuk memberi gambaran kepada mahasiswa ketika nanti mereka melakukan sertifikasi yang akan dibuka pendaftarannya tanggal 29 Maret mendatang.

Dalam kegiatan kali ini diadakan dua sesi pelaksanaan, menghadirkan pembicara yang kompeten dibidangnya yaitu Bapak Firmansyah, M.Kom yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan beliau di bidang Cisco Networking Academy dan dimoderatori oleh ibu Widiastuti, S.Kom pada sesi pagi. Kegiatan berlangsung pada pukul 10:00 WIB sampai dengan pukul 12:00 WIB secara daring dengan media zoom dan dihadiri oleh 300 peserta dari prodi Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Magister Ilmu Komputer.

Baca juga: Sertifikasi Mikrotik MTCNA STMIK Nusa Mandiri

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ibu Nita Merlina, M.Kom selaku Wakil Ketua 1 STMIK Nusa Mandiri, Ibu Sukma Anggraeni, Kaprodi Sistem Informasi, Bapak Anton, M.Kom selaku Kaprodi Teknik Informatika, dan Ibu Eni Hermaliani, Kaprodi Magister Ilmu Komputer serta turut hadir juga instruktur-instruktur Cisco Networking Academy dan Microtik Academy STMIK Nusa Mandiri. Acara diawali dengan sambutan dari Kaprodi Teknik Informatika yaitu Bapak Anton, M.Kom kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua LSP Nusa Mandiri bapak Sidik, M.Kom, dan dilanjutan dengan pemaparan materi oleh pembicara selama kurang lebih 1 jam, selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Banyak sekali pertanyaan dari para peserta calon sertifikasi kompetensi sampai dengan waktu acara berakhir sehingga pertanyaan-pertanyaan ditampung dan akan ditanyakan langsung dengan menghubungi bapak Firmansyah.

Bapak Kaprodi Teknik Informatika dalam sambutannya memberikan semangat kepada mahasiswa peserta sosialisasi untuk mengikuti sertifikasi kompetensi nantinya karena ini sangat bermanfaat untuk lulusan STMIK Nusa Mandiri ke depannya jadi ketika lulus nanti tidak hanya memperoleh ijazah tetapi dapat juga menunjukkan sertifikasi kompetensinya yaitu sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) ke perusahaan-perusahaan tempat para lulusan melamar pekerjaan. Tentunya juga perusahaan akan lebih melirik atau mengutamakan menerima pelamar yang memiliki skill lebih yang ditunjukkan dengan adanya sertifikasi kompetensi.

Kampus memfasilitasi Sertifikasi Kompetensi selain sebagai program pemerintah dalam memenuhi SKPI juga untuk bekal mahasiswa setelah lulus, tambahnya.

Sidik, M.Kom selaku Ketua LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) STMIK Nusa Mandiri juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa saat ini, kita berada di era industri 4.0 dimana persaingan dunia kerja sangat ketat untuk itu dibutuhkan keahlian atau kepakaran dari masing-masing individu. Sebuah kompetensi bisa dijadikan sebagai nilai plus untuk menaikkan nilai jual dari seseorang yang memegang sertifikasi kompetensi.

Sertifikasi kompetensi merupakan suatu bukti yang valid yang dimiliki oleh seseorang yang dihasilkan oleh sebuah lembaga atau instansi resmi baik dari sekolah, kampus maupun pemerintah melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dengan adanya sertifikasi yang dimiliki oleh orang tersebut, maka keahlian dan kepakaran yang dimilikinya diakui secara nasional bahkan secara internasional (Sidik menjelaskan).

Lanjut pada sesi malam hari acara Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi diadakan tepat pada pukul 19.00 – 21.10 PM dan dihadiri sekitar 360 orang mahasiswa. Materi untuk sesi malam dipaparkan oleh Instruktur Cisco Networking Academy dan Microtik Academy STMIK Nusa Mandiri Bapak Ahmad Fauzi, M.Kom dan dimoderatori oleh Ibu Ummu Radiyah, S.Kom., M.Eng.

Baca juga : Sosialisasi Internet Sehat dan Aman Pada Koperasi Wanita Atsiri Oleh Dosen Universitas Nusa Mandiri

Sertifikasi kompetensi menjadi kebutuhan bagi mahasiswa calon lulusan STMIK Nusa Mandiri karena tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan value atau nilai pada profil mahasiswa lulusan nantinya jika menguasai CCNA Networking, CCNA Security, dll. misalnya. Ahmad Fauzi menjelaskan tentang beberapa course yang dapat diambil atau dipilih untuk diikuti di Netacad.com baik bidang Networking, Programming, maupun Automasi. Ada Devnet Associate, PCAP: Programming Essential in Python, CPA: Programming Essential in C++ dan dijelaskan pula secara detail untuk masing-masing coursenya sehingga harapannya tidak ada lagi mahasiswa yang bingung ketika akan memilih sertifikasi ini, paparnya. Mahasiswa juga antusias terlihat dari banyak yang raise hand untuk menyampaikan pertanyaan.

Waktu berjalan begitu cepat tanpa terasa sudah berakhir acara sosialisasi Cisco Networking Academy dan Mikrotik Academy.

Harapan kami dengan diadakannya sosialisasi ini calon peserta sertifikasi kompetensi Cisco Networking Academy akan memahami bagaimana prosedur mengikuti sertifikasi, dapat menentukan atau memilih sertifikasi apa saja yang akan diambil, kenapa harus mengikuti sertifikasi dan dapat menyesuaikan dengan minat dan kemampuan masing-masing mahasiswa dan harapan dari LSP Informatika STMIK Nusa Mandiri untuk mengambil kesempatan emas ini agar dapat mempunyai sertifikasi kompetensi baik dari vendor maupun yang dikeluarkan oleh BNSP.