Pembelajaran Aplikasi Microsoft Office untuk Santri Pada Pondok Pesantren Riyadus Sholihin

Jakarta, NusamandiriNews – Bulan Juli tahun 2021 Universitas Nusa Mandiri kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan dilakukan pada hari Sabtu tanggal 10 Juli 2021 secara daring melalui zoom conference. Kegiatan ini diselenggarakan oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Nusa Mandiri dengan melibatkan santri pondok pesantren Riyadus Sholihin sebagai peserta kegiatan, tema kegiatan adalah Pembelajaran aplikasi microsoft office untuk Santri Pondok Pesantren Riyadus Sholihin.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Angga Ardiansyah sebagai ketua pelaksana dan Ustadz Lutful Hakim, M.Pd.I sebagai pengurus pondok pesantren. Selanjutnya pelatihan komputer dipimpin oleh Sopian Aji, M.Kom sebagai tutor dan dibantu oleh anggota tutor lainnya yang terdiri dari Dany Pratmanto, M.Kom, Andrian Eko Widodo, M.Kom, dan kelima mahasiswa yang mengikui antara lain Ika Wahyu Mei Purwanti, Matius Heri Prasetyo, Putra Gunawan, Naufal Alfiansyah, Adam Marulyanto. Pembelajaran ilmu komputer ini membahas beberapa materi, pertama kegiatan pembelajaran microsoft office word sebagai aplikasi pengolah kata sedangkan hari ke dua menggunakan microsoft office power point sebagai aplikasi pembuatan presentasi.

Baca Juga : WUJUD PEDULI “PUBLIC SPEAKING” UBSI LAKUKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DENGAN FATAYAT NU

Pelatihan yang diberikan dimulai dari proses paling awal, seperti membuka lembar kerja baru, memilih template presentasi, memilih layout slide, mengatur font, memasukkan konten teks dan gambar, mengatur slideshow, hingga tips-tips membuat presentasi yang menarik. Para peserta pelatihan sangat antusias pada materi yang diberikan, sebab masih banyak peserta yang belum diberikan materi serupa di sekolahnya. Kesulitan-kesulitan yang dialami peserta dapat diatasi dengan bantuan pendampingan dari tutor dan anggota tutor. Antusias peserta sangat baik ditandai dengan aktifnya peserta dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan dari tutor.

Kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize untuk peserta dengan pertanyaan terbaik dan penyerahan souvenir sebagai tanda kenang-kenangan dari Universitas Nusa Mandiri kepada Pondok Pesantren Riyadus Sholihin. Dengan diselenggarakannya pelatihan Microsoft Office dalam pengabdian masyarakat ini, peserta mendapatkan pengetahuan dan pendidikan terutama aplikasi berbasis komputer yaitu Microsoft Office sehingga peserta diharapkan dapat menerapkan materi tersebut dalam kegiatan belajar anak-anak di sekolah.