Kenali Daftar Pekerjaan Dengan Prospek Menjanjikan Pada Tahun 2025

Dafatar Pekerjaan Dengan Prospek Menjanjikan
Dok. Universitas Nusa Mandiri

NusamandiriNews –Melanjutkan Pendidikan tinggi merupakan harapan bagi setiap siswa SMA/SMK/MA sederajat. Selain untuk terus meningkatkan kemampuan diri, harapan melanjutkan kuliah, demi masa depan karier yang lebih cemerlang. Jika ingin melanjutkan kuliah juga, pertimbangan agar memilih jurusan, untuk dapat profesi menjanjikan di masa depan.

Memilih jurusan yang tepat dan sesuai minat serta bakat, menjadi salah satu faktor yang sangat penting sebelum melanjutkan kuliah. Terlebih lagi, jika fokus utama menempuh pendidikan tinggi untuk prospek kerja setelah lulus nanti. Perlu observasi, tentang daftar profesi dan pekerjaan yang menjanjikan kedepannya.

Situasi wabah COVID-19, kian menambah pengaruh tentang pekerjaan yang ada pada beberapa tahun ke depan. Masyarakat harus senantiasa untuk terus beradaptasi dengan berbagai perubahan yang ada. Selain itu, masyarakat juga harus berpikir secara visioner sebagai upaya untuk terus meningkatkan kemampuan hard skill dan soft skill.

Baca Juga : NCC Berbagi Tips Mendapatkan Pekerjaan

Berdasarkan hasil survei pasar tenaga kerja dari World Economic Forum (WEF) pada akhir tahun 2020, sekitar 84% bisnis mempercepat proses digitalisasi. Laporan tersebut tentang Forecast for Labour Market Evolution in 2020-2025 atau Prediksi Perkembangan Pasar Tenaga Kerja tahun 2020-2025.

Disrupsi teknologi masuk ke setiap lini perkerjaan manusia seperti peningkatan penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Robotik.

10 profesi menjanjikan di masa depan, akan semakin bersinar pada tahun 2025 menurut WEF, sebagai berikut :

1. Data analyst dan Data Scientist

Profesi ini mewajibkan untuk berhadapan dengan pemroresan data dalam jumlah besar dalam pembersihan, analisis dan visualisasi. Tentunya tugas utama analisis data adalah menemukan wawasan untuk mempromosikan pengembangan bisnis dari semua aspek.

2. Artificial Intelligence (AI) and Machine Learning Specialist

Adanya revolusi industry 4.0 membuat profesi Artificial Intelligence (AI) Specialist semakin banyak dibutuhkan. Pasalnya AI Specialist dapat mengembangkan sistem keamanan berupa face recognition yang membantu manusia mengidentifikasi identitas seseorang berdasarkan wajahnya.

Teknologi AI ini memiliki beberapa cabang salah satunya machine learning. Machine learning dikembangkan agar mesin bisa belajar sendiri tanpa arahan dari manusia.

3. Big Data Specialist

Seiring lahirnya era big data membuat profesi big data specialist pun muncul. Setiap harinya, satu orang bisa menghasilkan ribuan data mulai dari penggunaan aplikasi, server, hingga device yang digunakan.

Hal ini perlunya big data specialist yang mampu mengembangkan, memelihara, menguji, serta mengevaluasi solusi dari big data dalam perusahaan. Tingginya kebutuhan profesi ini, belum dibarengi dengan jumlah talenta yang tersedia.

4. Digital Marketing and Strategy Specialist

Platform digital saat ini memang tidak ada matinya seiring dengan kebutuhan teknologi yang kian meningkat.

Hal ini menuntut perusahaan agar mempunyai digital marketing guna memasarkan produk perusahan ke khalayak umum secara digital. Skil berpikir kreatif dan strategis wajib punya sebagai seorang digital marketer. Selain itu, pemahaman SEO/SEM dan komunikasi menjadi acuan utama.

5. Process Automation Specialist

Revolusi industri 4.0 membuat banyaknya mesin-mesin beroperasi, hal ini membuat process automation specialist menjadi profesi yang sangat diperlukan.

Process automation specialist merupakan spesialisasi yang memungkinkan membuat hardware dan software yang dapat merancang, dan melakukan diagnosis teknis, sehingga orang yang menguasai bidang ini akan mampu membuat sistem control modern.

6. Bussiness Development Professionals

Untuk mengembangkan bisnisnya secara maksimal, setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang bussiness development. Profesi ini berperan penting untuk menumbuhkan bisnis pada perusahaan.

Seorang bussiness development harus bertanggung jawab untuk melakukan riset pasar. Juga mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan dan memiliki pengetahuan di bidang perkembangan pasar dan pesaing.

7. Digital Transformation Specialist

Pada tahun 2022 mendatang, perusahaan global yang bergerak di bidang teknologi akan melampaui 2,1. Ini menunjukkan bahwa tranformasi digital kebutuhannya begitu pesatnya.

Profesi digital transformation specialist merupakan pengguna teknologi yang mampu mengubah proses bisnis untuk menciptakan sebuah bisnis baru.

8. Information Security Analyst

Profesi satu ini berfungsi untuk mengembangkan sistem keamanan dan menjaga jaringan serta sistem dalam sebuah instansi atau perusahaan.

Information security bertanggung jawab untuk mencegah kebocoran data hingga pencurian data. Maraknya ransomware membuat profesi satu ini menjadi incaran setiap perusahaan guna menjaga data pribadi perusahaan dari serangan malware.

9. Software and Application Developer

Profesi yang paling menjanjikan di masa kini hinga kedepan salah satunya adalah software dan application developer. Profesi ini juga termasuk profesi populer di bidang IT. Mulai dari lembaga pemerintahan, bank, organisasi membutuhkan profesi ini.

Software atau application developer berperan untuk membuat dan menguji aplikasi yang telah di desain khusus untuk perangkat electronic computing.

10. Internet of Things Specialist

Pesatnya kemajuan big data, memicu profesi Intenet of Thing (IoT) menjadi incaran perusahaan. Revolusi industry 4.0 pun turut membuat profesi ini sangat menjanjikan. IoT juga sebagai hasil transformasi digital untuk menunjang kapabilitas perusahaan melalui sentuhan teknologi.

Selain daftar tersebut, pada 4 tahun mendatang, profesi pada sektor jasa yang mengutamakan interaksi manusia juga akan bersinar, seperti Marketing, Sales dan Content production.

Baca Juga : NCC Bantu Siapkan Mahasiswa UNM, Siapkan Karier Generasi Muda Sejak Dini

Berbagai Perguruan Tinggi kredibel dimulai Perguruan Tinggi Negeri hingga Swasta di Indonesia menawarkan program studi yang menunjang karir tersebut, diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Bina Nusantara, Universitas Prasetya Mulya, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dan Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Semoga hasil survei tersebut tidak hanya menjadi tantangan, tetapi juga menjadi peluang bagi semua untuk senantiasa terus berkarya serta mempelajari hal-hal baru, demi meraih masa depan cemerlang.(RDX)