Dosen UNM Beri Pelatihan Pengolahan Data Dalam Menyusun Laporan Keuangan

Pengabdian Masyarakat
Pengabdian Masyarakat

Depok, NusamandiriNews–Data merupakan suatu kumpulan yang terdiri dari fakta-fakta untuk memberikan gambaran yang luas terkait dengan suatu keadaan. Dari data yang dihasilkan tersebut dapat digunakan untuk membuat suatu kebijakan baru ataupun strategi baru pada suatu organisasi.

Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) program Sistem Informasi (SI) yang terdiri dari Andrian Eko Widodo, Ridan Nurfalah, Sri Hadianti, Nissa Almira Mayangky, Mochammad Rizky Kusumayudha telah melakukan pengabdian masyarakat sebagai pemenuhan tugas dosen yang tertuang dalam tri dharma perguruan tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat.

Pengabdian Masyarakat

Andrian Eko Widodo, selaku ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan materi yang disampaikan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini sesuai dengan permintaan dari mitra yang sudah bekerjasama sebelumnya.

“Mitra pengabdian ini yakni para pengurus dan anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), kelurahan Duren Seribu, kecamatan Bojong Sari, Depok. Kegiatan berjalan lancar pada Minggu (6/11) lalu,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Jumat (12/11).

Selanjutnya, Ridan Nurfalah selaku tutor pada kegiatan ini menyampaikan microsoft excel merupakan aplikasi olah data sederhana yang mudah dipelajari dan dipahami bagi pemula.

“Microsoft excel ini dapat digunakan untuk mengolah data, sehingga memudahkan pekerjaan khususnya dalam mengolah data keuangan pengurus PKK,” katanya dalam materi yang disampaikan saat kegiatan PM.

Ia menambahkan data-data yang diolah ini dapat memudahkan pekerjaan para pengurus dalam membuat analisa dan grafik, sehingga pekerjaannya menjadi lebih ringkas dan efisien.

“Menganalisis, menggambarkan dan mengolah data-data keuangan menjadi mudah dipahami dan dalam menyusun laporan keuangan juga menjadi lebih cepat,” tandasnya.

Sementara itu, Ayu Lestianti salah satu peserta pelatihan ini menyebutkan bahwa pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan bagi anggota PKK dalam menambah wawasan dan pengetahuan.

“Kami sangat berterimakasih atas ilmu dan pengetahuan yang telah diberikan oleh dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM), meski materi pelatihan ini masuk pada bidang komputer yang mudah, namun pelatihan ini cukup bermanfaat untuk memperbaharui pengetahuan dan tentunya sangat berguna dalam menyelesaikan pekerjaan pengurus PKK kelurahan Duren Seribu,” ungkapnya. (UMF)