Sharing Hasil Penelitian, Prodi Ilmu Komputer UNM Dorong Mahasiswa Aktif Buat Karya Ilmiah

sharing penelitian
sharing penelitian

JAKARTA, NusamandiriNews–Laboratorium riset Data Mining dan Image Processing Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan seminar daring dengan tajuk Ngelmu: Research Sharing #1, pada Jumat (11/02/2022). Seminar ini menghadirkan narasumber mahasiswa tingkat akhir yaitu Fakihotun Titiani dan Saifulloh Rifai.

Fakihotun Titiani sebagai narasumber pertama menyajikan tema penelitian bidang Data Mining dengan judul “Ensemble Learning Untuk Prediksi Penerimaan Kampanye Pemasaran”.

Baca juga: Prodi Ilmu Komputer UNM Sukses Gelar Webinar On Python Programming

Sharing Hasil Penelitian

“Penelitian ini dilatar belakangi bahwa belum terdapat klasifikasi terbaik untuk dataset Marketing Campaign (kampanye pemasaran) terutama untuk menentukan pelanggan yang mau menerima atau menolak kampanye pemasaran,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Selasa (15/2).

Sedangkan dari bidang Image Processing, Saifulloh Rifai mempresentasikan penelitiannya dengan judul “Verifikasi Tanda Tangan Online dengan Tiga Kategori Fitur Menggunakan Machine Learning” dengan hasil prediksi model Linear Support Vector Classifier (LSVC) mendapatkan akurasi tertinggi yaitu 98%.

Sementara itu, Anton selaku dekan FTI menyebutkan peserta seminar daring sangat antusias mengajukan pertanyaan kepada para presenter, terutama beberapa mahasiswa aktif program studi (prodi) Ilmu Komputer program Magister.

“Adanya kegiatan ini memberikan gambaran mengenai proses penelitian khususnya tesis sebagai syarat kelulusan program magister di Universitas Nusa Mandiri (UNM),” katanya.

Baca juga: Magister Ilmu Komputer Universitas Nusa Mandiri Siap Menyambut Tantangan di Era Digital

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin mingguan yang digelar dalam rangka berbagi hasil penelitian tesis dari mahasiswa prodi Ilmu Komputer (S2).

“Semoga kegiatan positif ini dapat menjadi fasilitas bagi mahasiswa S2 semester 1-3 untuk lebih mempersiapkan tesis, selain juga dapat diikuti oleh masyarakat secara umum,” tutupnya. (UMF)