Universitas Nusa Mandiri Sukses Gelar Sertifikasi Dosen Pembimbing Skripsi

sertifikasi pembimbing skripsi
sertifikasi pembimbing skripsi

Jakarta, NusamandiriNews–Universitas Nusa Mandiri sukses gelar sertifikasi dosen pembimbing skripsi dalam rangka menaikkan kualitas lulusan mahasiswa pada jenjang sarjana. Kegiatan ini diadakan secara daring, hari Jum’at (11/03/2022) mulai dari 08.30 – 16.00 WIB menghadirkan tiga narasumber.

Sesi pertama pemaparan tentang Sosialisasi Panduan oleh Supriyadi  dan outline skripsi oleh Nurmalasari, sedangkan pada sesi kedua  pemaparan tentang teknis pelaksanaan sertifikasi yang disampaikan oleh Rani Irma Handayani dan dilanjutkan dengan pelaksanaan sertifikasi.

Baca juga: Lebih Siap Sertifikasi Kompetensi dengan Ikuti Pembekalan dari LSP

Sertifikasi Dosen Pembimbing Skripsi

Anton selaku dekan Fakultas Teknologi Informasi menyampaikan mahasiswa harus memperhatikan tata tertib saat melakukan pendaftaran skripsi serta pelaksanaan skripsi agar hasil kelulusan skripsi memuaskan.

“Mahasiswa yang ikut skripsi wajib perhatikan tata tertib yang berlaku begitu juga dosen selaku pembimbing wajib memiliki kualifasi yang baik sehingga dapat membimbing skripsi dengan benar dan lancar,” tegasnya.

Ia pun melakukan evaluasi selama proses bimbingan dan pelaksanaan skripsi ternyata masih ada mahasiswa yang belum siap dalam pelaksanaan bimbingan skripsi serta dosen yang membimbing skripsi diharapkan kedepannya mempunyai jabatan fungsional akademik minimal lektor.

“Sebagai dosen pembimbing juga harus memiliki kualifikasi yang bagus dan baik, sehingga diharapkan mampu membimbing mahasiswa sesuai dengan aturan dan tata tertib yang ada,” katanya.

Sementara itu, Supriyadi menjelaskan bahwa ada perubahan isi dan perubahan outline yang akan dipilih oleh mahasiswa berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh prodi, kedepannya diharapkan mahasiswa tersebut memiliki keahlian yang khas.

“Mahasiswa saat penulisan skripsi harus lebih terarah dalam teknik penulisan agar sesuai kaidah penulisan karya ilmiah. Pada saat pendaftaran skripsi mahasiswa lebih cermat dan teliti dalam memilih outline skripsi dengan tujuan, mahasiswa tidak bingung pada saat menjabarkan hasil penelitian dalam bentuk tulisan,’’ seperti yang dirilis Jum’at (11/03/2022).

Baca juga: Nusa Mandiri Virtual Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi dengan Tema “Kiat Sukses Lulus Sertifikasi Kompetensi”

Dilanjutkan oleh Nurmalasari sebagai narasumber kedua yang menyebutkan bahwa mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dapat memilih 10 outline skripsi dan diharapkan ada hasil keluaran dari penelitian ilmiah yang telah dilaksanakan serta mahasiswa juga bisa memilih apakah untuk penelitian ilmiah dilakukan individu atau berkelompok.

Pada sesi terakhir, Rani menyampaikan para dosen pembimbing skripsi akan mengikuti ujian sertifikasi yang terdiri dari 50 soal pilihan ganda serta studi kasus. Pelaksanaan ujian sertifikasi dimulai dari pukul 14.00 – 16.00 WIB. Ujian sertifikasi ini dilakukan untuk menjaring dosen yang berhak membimbing skripsi Periode I Semester Genap 2021/2022. (UMF)