Dosen UNM Beri Pelatihan Komputer Pada Remaja Masjid

dosen UNM
dosen UNM

Jakarta, NusamandiriNews–Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) memberikan pelatihan komputer pada remaja masjid sebagai salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat. Pelatihan komputer dengan tema “Pelatihan Program Microsoft Office Untuk Mengelola Arsip Digital”, kegiatan sukses digelar pada Minggu (20/3) di Aula Masjid Jami’ At-taubah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan secara Hybrid (Online dan Offline).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB dengan target peserta adalah Ikatan Remaja Masjid At-taubah (IKRIMA).

Baca juga: Dosen STMIK Nusa Mandiri Terapkan Pengabdian Masyarakat Daring Di Masa New Normal

Dosen UNM Beri Pelatihan Komputer

Pelatihan yang diberikan pada kegiatan ini meliputi pembuatan file berdasarkan jenis file dan tujuan penggunaannya. Pada pelatihan ini juga diberikan prihal tata cara pengelolaan arsip yang baik.

Pengelolaan arsip digital dapat dibagi dengan pengguna lainnya secara digital dengan memanfaatkan jaringan internet. Tujuannya agar arsip yang dikelola tersimpan riwayat dan backup file nya sebagai upaya menghindari kehilangan data apabila dibutuhkan suatu saat.

Hendri selaku ketua kelompok pengabdian masyarakat ini mengatakan tema yang diangkat pada pengabdian masyarakat ini mengusung tema pengelolaan arsip digital sebagai data yang akan digunakan kembali apabila suatu saat dibutuhkan.

“Materi yang disampaikan cukup kompleks seperti pelatihan Microsoft Word untuk kegiatan administratif, Microsoft Excel sebagai pengolah data dan Microsoft Power Point sebagai penyaji data,” terangnya.

Hasil dari pelatihan yang dilakukan dikelola filenya dan dipisahkan menurut tipe file, sehingga lebih rapi dalam penyimpanannya, selain itu penyimpanan file juga disimpan kedalam akses digital seperti google drive untuk menghindari jika komputer atau laptop hilang.

Setelah pelatihan ini diharapkan peserta mampu memahami pengelolaan arsip secara digital supaya bisa di akses kapan pun dan dimanapun dan tidak hanya diakses dalam satu perangkat saja.

Baca juga: Dosen Dan Mahasiswa Terjun Dalam Program Nusa Mandiri Berbagi Sebagai Pengabdian Pada Masyarakat

Khairul Umam selaku ketua IKRIMA mengungkapkan rasa terimakasih pada dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang telah memberikan pelatihan pengelolaan arsip digital pada kami Ikatan Remaja Masjid At-taubah (IKRIMA).

“Kami berharap pelatihan ini dapat dilakukan di kemudian hari dengan tema yang baru untuk meningkatkan keterampilan kami dalam pengelolaan arsip, maupun dalam pemanfaatan teknologi digital lainnya,” tutupnya. (UMF)