Prodi Informatika Beri Kiat Penulisan Ilmiah Dengan Manajemen Referensi

Workshop Prodi Informatika
Workshop Prodi Informatika

Jakarta, NusamandiriNews–Universitas Nusa Mandiri (UNM) Fakultas Teknologi Informasi (FTI), program studi (prodi) Informatika kembali menyelenggarakan workshop dengan tema “Mendeley Workshop on Research and Publications”. Kegiatan ini sukses terlaksana secara daring pada Rabu (18/5), pukul 08.00-12.00 WIB dengan menghadirkan narasumber Dinar Ajeng Kristiyanti, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Ketua prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM), Arfhan Prasetyo mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu sarana dalam memberikan wawasan pengetahuan tentang bagaimana melakukan penelitian yang baik sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah melalui manajemen referensi.

Baca juga: Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri Sukses Gelar Webinar Data Science

Workshop Prodi Informatika

“Dengan menemukan permasalahan dalam penelitian, mengeksplor penelitian yang belum dilakukan serta belajar hal-hal baru dalam penelitian maka workshop ini hadir untuk memperluas wawasan peserta,” terangnya dalam rilis yang diterima, Rabu (18/5).

Selanjutnya, Dinar Ajeng Kristiayanti selaku narasumber memaparkan bahwa Mendeley Workshop on Research & Publications sebagai sarana untuk melakukan manajemen referensi, dalam pelaksanaan penelitian.

“Penelitian dilakukan berangkat dari adanya permasalahan yang mungkin sudah diketahui sebelumnya namun belum ditemukan metode pemecahan masalahnya,” katanya.

Setelah melakukan penelitian, lebih lanjut ia menyampaikan peneliti diharuskan untuk melakukan publikasi ilmiah karena hasil penelitian yang tidak dipublikasikan hal ini berarti penelitian tersebut belum selesai.

“Jadi sangat penting bagi peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitiannya. Ada tiga hal penting yang dikejar dalam pelaksanaan penelitian yakni objectives yaitu terkait dengan masalah penelitian, proses dalam pelaksanaan penelitian dilakukan secara sistematis, berulang dan terukur,” paparnya.

Selanjutnya, ia menambahkan bahwa dalam penelitian harus punya goals. Goals berkaitan dengan hasil dari penelitian yang bersifat orisitalitas, keterbaharuan (novelty) dan kontribusi pada kasanah ilmiah.

Baca juga: Kamu Harus Tahu, Inilah Keistimewaan Jurusan Informatika

“Maka untuk menghasilkan penelitian yang baik penting untuk melakukan manajemen literatur, baik secara manual maupun secara digital,” tegasnya.

Pada perkembangan iptek saat ini, imbuhnya melakukan manajemen literatur dalam penelitian sudah selayaknya dilakukan dengan menggunakan cara digital, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk manajemen literatur dengan menggunakan mendeley.

“Dengan menggunakan mendeley akan lebih memudahkan peneliti untuk menyimpan dan menggunakan sumber-sumber referensi dalam penelitian,” tandasnya. (UMF)