Mahasiswa UNM Bawa Pulang 8 Medali Pada Kejuaraan Indonesia PBO International Championship 2022

Mahasiswa UNM Raih 8 Medali
Mahasiswa UNM Raih 8 Medali

Bandung, NusamandiriNews–Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil membawa pulang 8 medali dan raih gelar juara. Mereka dinobatkan sebagai juara pada kategori Dewasa dalam Kejuaraan Indonesia Paku Bumi Open (PBO) International Championship-Special Edition Paku Bumi Open X 2022, di GOR ITB Jatinangor, pada Kamis (25/8) hingga Jumat (27/8).

Perguruan Pencak Silat PBO sukses adakan kejuaraan pencak silat tingkat internasional dengan kategori tanding seni tunggal dan seni beregu. Kejuaraan ini diikuti oleh para pelajar dan mahasiswa. Pelajar dan mahasiswa yang turut serta kejuaran ini merupakan atlet pencak silat yang sudah malang melintang di dunia persilatan.

Baca juga: Lima Atlet Pencak Silat UNM Sumbang Medali Emas pada Kejuaraan PBO 9

Mahasiswa UNM Bawa Pulang 8 Medali

Taopik Hidayat selaku pembina menceritakan perkembangan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pencak Silat yang semakin menunjukkan eksistensinya.

“Dari tahun ke tahun UKM Pencak Silat terus menunjukkan eksistensinya, dari mulai kejuaraan PBO pada tahun sebelumnya, PBO Virtual, PBO IX dan sekarang kembali ikut serta dalam PBO X Special Edition,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (29/8).

Ia menyebutkan mahasiswa UNM yang berhasil membawa 4 medali emas yakni Ichtiar Akbar Sakti mahasiswa program studi (prodi) Informatika sebagai juara 1 tanding dewasa putra kelas B, Aulia Nurul Ihsan mahasiswa prodi Informatika sebagai juara 1 tanding dewasa putri kelas A.

“Muhamad Fikri mahasiswa prodi Sistem Informasi sebagai juara 1 tanding dewasa putra kelas E, dan Muhamad Rivaldo Nasda mahasiswa prodi Manajemen sebagai juara 1 tanding dewasa putra kelas D,” terangnya.

Selain medali emas, katanya memaparkan mahasiswa/i UNM juga berhasil membawa 4 medali perak oleh Mashabi Nur Muhammad mahasiswa prodi Informatika sebagai juara 2 tanding dewasa putra kelas E, Mila Restiani mahasiswa prodi Sistem Informasi sebagai juara 2 tanding dewasa putri kelas G.

“Anisa May Sihotang mahasiswi prodi Sistem Informasi sebagai juara 2 tanding dewasa putri kelas B, dan Nur Khofifah mahasiswi prodi Manajemen sebagai juara 2 tanding dewasa putri kelas A,” tandasnya.

Sementara itu, Muhamad Fikri mahasiswa prodi Sistem Informasi sebagai juara 1 tanding dewasa putra kelas E, menyampaikan salah satu kunci keberhasilan UKM Pencak Silat di laga ini ialah kerja keras semua anggota, mulai dari persiapan, awal latihan sampai menjelang kejuaraan.

Baca juga: Pesilat Rofiq Sabet Gold Medal di PBO Virtual 2020

“Meskipun dengan porsi latihan yang tidak banyak, tapi dengan kerja keras dan kerja sama yang baik antar anggota, alhamdulillah bawa 4 medali emas dan 4 medali perak di event internasional ini,” tegas Fikri.

Selanjutnya, wakil rektor bidang non akademik, Arif Hidayat memberikan apresiasi yang tinggi pada UKM Pencak Silat.

“Alhamdulillah, kami turut bangga atas prestasi yang diperoleh para mahasiswa menjelang awal semester genap ini. Tentu akan berdampak positif terhadap kemajuan UNM atas prestasi tersebut. Atas nama pimpinan UNM, saya memberikan apresiasi luar biasa pada semua atlet yang bertanding,” ungkapnya. (UMF)