Untuk Hasilkan Lulusan Berkualitas, FTI Gelar Saresahan Dengan Perusahaan

Sarasehan FTI UNM
Sarasehan FTI UNM

JAKARTA, NusamandiriNews–Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) gelar acara Saresehan Link and Match (Salim). Acara yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa (30/08) menghadirkan beberapa perusahaan yang telah menerima lulusan dari program studi (prodi) yang berada pada lingkup FTI.

Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) memiliki empat prodi yakni prodi Ilmu Komputer pada jenjang magister (S2), sedangkan pada jenjang sarjana (S1) terdiri dari Prodi Sistem Informasi, Prodi Informatika dan Prodi Sains Data.

FTI Gelar Saresahan Dengan Perusahaan

Dekan FTI, Anton, memberikan sambutan, sekaligus membuka acara dan dipandu oleh Ami Rahmawati. Acara ini dihadiri oleh perusahaan, alumni dan dosen perwakilan setiap prodi di FTI. Lalu, ketua program studi (kaprodi) yang berada di lingkup FTI menyampaikan kurikulum yang saat ini sedang berjalan pada setiap prodi di FTI.

Dalam kesempataan tersebut, Anton mengucapkan terima kasih pada rekan-rekan perusahaan, alumni dan atas kehadirannya pada kegiatan sarasehan.

“Terima kasih atas kehadiran bapak/ibu memenuhi undangan kami pada acara sarasehan ini. Sarasehan ini merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan oleh FTI, tidak hanya sebagai wadah silahturahmi antara kampus dan perusahaan. Namun, juga sebagai upaya kami untuk melakukan update keilmuan sesuai dengan kebutuhan di perusahaan,” kata Anton dalam keterangan rilis yang diterima, Rabu (31/8).

Sementara itu, kaprodi Sains Data, Tati Mardiana menjelaskan kurikulum yang dirancang oleh unit pengembang akademik di prodi Sains Data. Kurikulum yang dilandasi dengan pemahaman dasar mengenai pengumpulan data hingga pengelolaan data.

“Di prodi Sains Data, kami menyiapkan kurikulum yang dirancang dan telah disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri, dimana kami memberi pemahaman mendasar pada mahasiswa tentang pengumpulan data hingga pengelolaan data,” terangnya dalam acara serasehan, Selasa (30/8).

Sedangkan dari pihak perusahaan yang diwakili oleh Elan Suherlan yang merupakan alumni dari Prodi Informatika dan sebagai direktur PT Indostorage, memaparkan kebutuhan sumber daya manusia, terutama pada bidang pengembangan sistem, data sains dan big data.

Dilanjutkan, dengan pemaparan oleh Adi Sumanto, PT. SEMUA MENU ADA yang merupakan alumni Prodi Sistem Informasi.

“Saat ini dalam perkembangannya, lulusan di bidang IT, tidak hanya sebagai programmer. Namun kebutuhannya semakin berkembang, seperti quality assurance engineering dan product owner. Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh UNM untuk melakukan pengembangan dalam kurikulumnya,” kata Adi Sumanto.

Dalam kegiatan ini, kaprodi Informatika, Arfan Prasetyo berterimakasih dan bersyukur atas masukan dan saran yang disampaikan perusahaan, sebab dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum.

Baca juga: Kolaborasi UNM dan Universiti Malaysia Pahang di Webinar FTI

“Informasi yang disampaikan oleh pembicara dari perwakilan perusahaan, menjadi saran membangun untuk melakukan pengembangan kurikulum terkini sesuai dengan kebutuhan dunia usaha,” tandas Arfan.

Menanggapi hal ini, kaprodi Sistem Informasi, Sukmawati Anggraeni Putri juga menyambut antusia saran dan gagasan yang disampaikan oleh perwakilan perusahaan.

“Suatu kesempatan yang berharga, kami dari prodi dapat berdiskusi langsung dengan perusahaan. Sehingga kami dapat mengukur kesuaian capaian kurikulum yang telah kami jalankan dengan dunia industr. Sehingga kami akan selalu melakukan perbaikan, dalam upaya peningkatan mutu lulusan FTI,” kata Sukmawati. (UMF)