Ajari Tentang Front End Web Prodi Sistem Informasi Kampus Digital Bisnis UNM Sukses Gelar Webinar Untuk Mahasiswa

Webinar Prodi Sistem Informasi
Webinar Prodi Sistem Informasi

JAKARTA, NusamandiriNews–Program studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnsi Universitas Nusa Mandiri (UNM) suskse gelar webinar Front End Web Development for Beginner secara daring pada Rabu 14 juni 2023, pukul 09.00 -12.00 WIB.

Narasumber pada kegiatan ini, Muhammad Khairul Basyari seorang Software Engineer PT BCI CENTRAL INDONESIA dengan moderator Rani Irma Handayani selaku dosen UNM.

Muhammad Khairul Basyari menjelaskan mengenai front end developer, perbedaan front end developer dan back end developer, alur kerja serta keuntungan front end developer.

Baca juga: Kampus Digital Bisnis UNM Prodi Sistem Informasi Sukses Gelar Workshop Interactive Design UI/UX Prototype

Webinar Prodi Sistem Informasi

“Front end developer merupakan orang-orang yang mendesain dan membuat code user interface pada sebuah aplikasi berbasis web atau mobile,” ungkap Khairul sebagai narasumber.

Ia juga menjelaskan tugas front end developer yakni mewujudkan layout, menata pages dan menambahkan hal-hal yang interaktif dengan HTML, CSS, Javascript dan Front end teknologi lainnya untuk menciptakan design yang responsive dan menarik.

“Selain bekerja dengan UI/UX designer, front end developer juga biasanya bekerja dengan back end developer. Jika front end developer berfokus pada komposisi di dalam aplikasi web atau mobile, back end developer bertanggung jawab untuk memastikan agar website atau aplikasi berjalan semaksimal mungkin,” jelasnya.

Menurut Khairul, alur kerja front end developer yakni menerima mockup atau prototype dari ui/ux designer tools yang biasa digunakan adalah figma/adobe XD, slicing ke HTML dan CSS, diskusi dengan back end developer terkai flow proses, testing dan bugfixing.

“Keuntungan front end developer bisa hanya focus terhadap design web/web mobile yang sudah disediakan oleh ui/ux designer, tidak memikirkan betapa ruwetnya relation database, tidak memikirkan kondisi dan security server, pekerjaan lebih sedikit dibanding backend,” paparnya.

Baca juga: Kampus Digital Bisnis UNM Prodi Sistem Informasi Sukses Gelar Workshop Interactive Design UI/UX Prototype

Ia pun memberikan contoh dan mempraktekkan penggunaan aplikasi HTML dan CSS. kepada para peserta webinar.

“Semoga webinar ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu mahasiswa mengenai Front End Web Development For Beginner serta diharapkan mahasiswa dapat terus mempraktekkan ilmu pemrograman dan menjadikan hobi membuat program agar terus dapat mengasah kemampuan di bidang pemrograman,” tutupnya. (UMF)