Dosen FTI UNM Prodi Sains Data Beri Pelatihan Analisa Data Youtube dan Website

Dosen UNM Beri Pelatihan
Dosen UNM Beri Pelatihan

Jakarta, NusamandiriNews–Dosen Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) Prodi Sains Data sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada Sabtu (7/10).

Kegiatan yang mengusung tema “Pelatihan Analisa Data Youtube Dan Website Untuk Majelis Remaja Dan Pemuda Islam (Madaris) Jakarta Islamic Center. PkM dilaksanakan secara offline bertempat di Gedung Al Barqy Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara.

Baca juga: Dosen FTI UNM Beri Pelatihan Penerapan E-Learning Pada Pengurus JPRMI di Era Milenial

Pelatihan Analisa Data Youtube Dan Website

Acara diawali dengan sambutan oleh M Hanafiah Hafied selaku Ketua MADARIS Jakarta Islamic Center DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Hanafiah menyampaikan antusias dan ucapan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa UNM selaku penyelenggara kegiatan PkM.

“Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bersama dengan anggota MADARIS Jakarta Islamic Center DKI Jakarta. Harapan kami semoga kerjasama yang telah terjalin ini akan terus berkelanjutan dengan kegiatan-kegiatan lain yang tidak kalah menarik,” paparnya.

PkM ini diselenggarakan oleh dosen dan mahasiswa FTI UNM dengan ketua pelaksana Nanang Ruhyana, Tutor Achmad Bayhaqy Tim Tutor Andri Agung Riyadi dan Suyoto serta anggota dari mahasiswa.

Dalam pemaparan materi, Achmad Bayhaqy menjelaskan pada era digitalisasi saat ini semua orang dapat melihat informasi dengan cepat dan mudah salah satunya youtube dan website, sehingga setiap organisasi remaja masjid khususnya, umumnya organisasi masyarakat bisa dapat memberikan informasi-informasi yang berguna bagi masyarakat yang luas.

Baca juga: Dosen Sistem Informasi UNM Ajarkan Pengurus JPRMI Untuk Manfaatkan Pengelolaan Aset Digital

“Yang menjadi kendala ada pada saat organisasi tidak tahu apa yang dibutuhkan untuk masyarakat tersebut sehingga pada saat membuat konten, artikel atau berita tidak membuat orang tertarik, saat ini perkembangan data analytics sangatlah dibutuhkan sehingga apa yang dilakukan perlu kita analisa terlebih dahulu,” paparnya.

Dalam hal ini bisa dilakukan juga dengan teknologi Google Analytics, Google Analytics merupakan layanan gratis yang disediakan oleh raksasa mesin pencari Google, Google analytics menyajikan informasi sehubungan dengan pengunjung dari suatu website.

“Google Analytics merupakan salah satu aplikasi yang menyajikan informasi hasil web usage mining yang menggunakan teknik page tags. Cara kerja dan penggunaan Google Analytics sangatlah mudah,” jelas Achmad Bayhaqy. (UMF)