NCC Sukses Gelar CAPER Buah Kolaborasi Dengan Mitra Perusahaan

Event CAPER
Event CAPER

Jakarta, NusamandiriNews--Nusa Mandiri Career Center (NCC) sukses berkolaborasi dengan Karir Lab telah melaksanakan kegiatan CAPER (Career Preparation). Event ini mengangkat tema “Presentation Skills 101 for Academic & Internship Preparation” yang dipandu moderator Muhammad Faisal dan Narasumber Aufa Apriliani. Kegiatan berlangsung sukses pada Kamis (5/10) di Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda, Jl Margonda No.545, Pondok Cina, Depok.

NCC Sukses Gelar CAPER

Aufa Apriliani selaku narasumber menjelaskan tentang teknik presentasi yang baik yakni pilih topi presentasi yang efektif, siapkan presentasi dengan efektif, pilih struktur presentasi.

“Persiapan presentasi yang efektif dimulai dengan memilih topik atau sudut pandang yang sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens. Lalu, pilih materi presentasi yang akan dibahas,” katanya.

Kemudian, ia menyampaikan persiapkan presentasi secara menyeluruh, dengan penekanan khusus pada persentasi efektif. Faktor-faktor kunci termasuk tujuan yang jelas, struktur yang runut dan tampilan visual yang sederhana juga mudah dipahami.

“Selain itu, pilih komponen-komponen utama dari struktur presentasi yang efektif, yaitu pembukaan, pengembangan isi dan kesimpulan,” tegasnya.

Lalu katanya, perlu juga memahami bagaimana cara presentasi dengan baik, termasuk penggunaan bahasa kolaboratif, cara mengajukan pertanyaan dan memberikan umpan balik.

“Dengan penguasaan teori-teori dan praktik tersebut maka bukan tidak mungkin anda akan menjadi mahir dalam berpresentasi,” tandasnya.

Baca juga: Prodi Sistem Informasi Kampus Digital Bisnis UNM Sukses Gelar Talk Show Karier

Sementara itu, Muhammad Faisal selaku kepala NCC sekaligus moderator mengatakan harapannya agar event CAPER ini dapat bermanfaat bagi peserta dan mampu meningkatkan keterampilan presentasi peserta.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta yang ingin meningkatkan keterampilan presentasi dan persiapan karier masa depan. Peserta pun semakin bertambah wawasan dan pengetahuannya tentang presentasi dan cara membawakannya,” tutupnya. (UMF)