Pelatihan Pemanfaatan Platform Marketplace untuk Ekspansi Bisnis UMKM Lokal

Pelatihan Pemanfaatan Platform Marketplace
Pelatihan Pemanfaatan Platform Marketplace

Tangerang, NusamandiriNews – Tim dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) yakni Fatmawati, Maruloh,  Narti dan  Siti Nur Khasanah sukses melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk Pelatihan Pemanfaatan Platform Marketplace untuk Ekspansi Bisnis UMKM Lokal.

Bersama para dosen, 3 mahasiswa UNM yaitu Clarita Putri Arifin, Nicky Martines Dwi Putri Hulu dan Deviana Ayu Lestrari turut serta untuk memaksimalkan berjalannya kegiatan pengabdian masyarakat itu.

Baca juga: Pelatihan Pembuatan Undangan Rapat Digital

Pelatihan Pemanfaatan Platform Marketplace

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertema “Pelatihan Pemanfaatan Platform Marketplace untuk Ekspansi Bisnis UMKM Lokal” telah dilaksanakan pada Sabtu, 7 Oktober 2023, secara Luring di Kantor Kelurahan DS. Gelam jaya Kec. Pasar kemis Kab. Tangerang pukul 09.00 WIB.

Menurut Fatmawati selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa diadakannya pelatihan ini selain untuk menunjang kinerja dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi juga agar UMKM dapat meningkatkan penjualan serta usaha UMKM dapat dikenal oleh masyarakat.

“Saat kami bersilahturahmi ke Komunitas UMKM Gelam Jaya Pasar Kemis Berdikari kami kedapatan informasi bahwa Penggunaan Teknologi Informasi di UMKM gelam jaya sudah digunakan sehari-hari, namun pembatasan dalam penggunaan teknologi informasi khususnya pemanfaatan sosial media dan marketplace untuk ekspansi bisnis masih sangat pasif,” paparnya.

Untuk mengenalkan dampak penggunaan tersebut maka dalam kegiatan pengabdian kali ini kami selaku tim dosen UNM melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan dan edukasi kepada UMKM Gelam Jaya.

Sementara itu,  Maruloh selaku tutor menyampaikan bahwa Pelatihan Pemanfaatan Platform Marketplace ini untuk Ekspansi Bisnis UMKM Lokal.

“Marketplace merupakan tempat di mana sejumlah seller dengan produk yang berbeda-beda bisa menjual produkny,” jelas Maruloh.

Dengan memiliki lapak jualan di marketplace, ungkap Maruloh tentu akan lebih mudah menjangkau pelanggan ketimbang menjual produk secara offline.

“Adanya marketplace ini tentu sangat menguntungkan bagi penjual, sebab tidak perlu menyewa tempat berjualan secara offline,” katanya.

Baca juga: Dosen Fakultas Teknologi Informasi UNM Berikan Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Excel Untuk Buat Laporan Keuangan

Pada kesempatan ini, Ketua Komunitas UMKM Gelam Jaya Pasar Kemis Berdikari mengungkapkan harapannya serta mengucapkan terima kasih kepada para dosen UNM.

“Kami tentunya merasa senang dengan adanya pengabdian masyarakat ini, kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada bapak-ibu dosen dan mahasiswa, karena kami telah diberikan pelatihan, kami harap ilmu yang diberikan ini dapat sangat membantu kami untuk kedepannya,” ungkapnya. (UMF)