Kolaborasi Dosen FTI UNM Dengan Madaris Jakarta Islamic Center, Buat Seminar Desain Grafis

Kolaborasi Dosen FTI Adakan Seminar Desain Grafis
Kolaborasi Dosen FTI Adakan Seminar Desain Grafis

Jakarta, NusamandiriNews–Kolaborasi dosen FTI (Fakultas Teknologi Informasi) Universitas Nusa Mandiri (UNM) buat seminar desain grafis untuk remaja islam Jakarta Islamic Center (JIC). Event ini berbentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang bertema “Optimalisasi Desain Grafis untuk Promosi Produk Bagi Remaja Masjid Islamic Center Jakarta Utara” dilakukan secara offline.

Dosen FTI UNM, melakukan pengabdian masyarakat berkolaborasi dengan Madaris JIC berlokasi di gedung Jakarta Islamic Center, pada Sabtu 7 Oktober 2023, pukul 09.00 – 12:00 WIB. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Supriyadi, Ade Christian sebagai tutuor, Indah Suryani dan Ibnu Rusdi sebagai anggota tim tutor serta dari beberapa mahasiswa terlibat.

Baca juga: Kampus Digital Bisnis UNM Beri Pelatihan Kepemimpinan Pada Madaris di Jakarta Islamic Center

Kolaborasi Dosen FTI Adakan Seminar Desain Grafis

Supriyadi selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa dunia  digital  dan  milenial  di  Indonesia berdampak pada persaingan di semua sektor industri, komersial dan non komersial,  termasuk Remaja Islam Jakarta Islamic Center (Madaris JIC).

“Dengan perkembangan digital yang semakin besar ini, Madaris JIC perlu beradaptasi dalam rangka mengembangkan perekonomian organisasi dan anggotanya. Permasalahan yang saat ini   dihadapi oleh Madaris JIC yakni kurangnya pemahaman penggunaan aplikasi desain grafis  yang  diterapkan pada  produk,  kemasan dan poster yang diproduksi untuk  mendukung  pemberdayaan  ekonomi dalam organisasi,” paparnya.

Hal ini, ungkap Supriyadi menjadi tugas yang mendesak, salah satunya dengan memberikan seminar desain grafis pada mereka agar dapat membantu permasalahan mereka.

“Oleh karena itu, dosen dan mahasiswa Prodi Informatika FTI UNM melakukan pengabdian  masyarakat  dengan  tujuan  membantu  para  remaja  Madaris  JIC  memperkuat perekonomian  organisasi  dan  anggotanya,” tegasnya.

Ia menjelaskan metode yang digunakan dalam pengabdian ini yakni ceramah  persuasif. Adapun  hasil dari kegiatan pendampingan ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan pemahaman dalam bidang desain dikarenakan ada brandstorming terhadap materi desain grafis ini.

Baca juga: Dosen FTI UNM Beri Pelatihan Penerapan E-Learning Pada Pengurus JPRMI di Era Milenial

“Semoga kegiatan ini dapat mempengaruhi terhadap nilai promosi di  lingkungan Madaris  JIC. Kegiatan  ini  juga  membantu  penyebaran dakwah Madaris  JIC melalui desain produk, kemasan, dan poster dakwah yang lebih kreatif dan inovatif sehingga berdampak pada brand awareness Madaris JIC di kalangan masyarakat umum di sekitar lingkungan Jakarta Islamic Center,” harapnya.

Pada kesempatan ini, Ade Christian mengatakan desain grafis sangat penting untuk dipelajari karena dapat digunakan di berbagai bidang dan dapat berperan penting bagi promosi kita.

“Desain grafis yang apik dapat membuat orang menjadi tertarik untuk membeli jadi sekaligus bisa menjadi promosi. Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat bermanfaat secara luas, khususnya pada remaja Madaris JIC,” tutupnya. (UMF)