Dosen FTI UNM Bagikan Ilmu Pemanfaatan Power Point Sebagai Media Presentasi yang Menarik

Pemanfaatan Power Point Sebagai Media Presentasi
Pemanfaatan Power Point Sebagai Media Presentasi

Jakarta, NusamandiriNews–Dosen FTI (Fakultas Teknologi Informasi) Universitas Nusa Mandiri (UNM) bagikan ilmu pemanfaatan power point. Memasuki era digital seperti saat ini, tentu mengharuskan masyarakat untuk ikut terjun ke dalam digitalisasi dalam segala macam kegiatan sebagai langkah untuk mengikuti trend yang terjadi saat ini.

Termasuk dalam kegiatan presentasi atau penyampaian wawasan, materi, ulasan, evaluasi dan lain-lainnya. Kegiatan presentasi seperti ini umumnya dilakukan dengan metode tulis tangan di papan tulis. Diperlukan metode penyampaian secara digital, karena selain dapat mengikuti trend digitalisasi saat ini, juga dapat lebih mempermudah narasumber untuk membuat, memperbarui dan menyampaikan materi yang ingin disampaikan pada audience.

Terkait dengan pentingnya metode presentasi atau penyampaian materi secara digital, dosen FTI Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan pelatihan pembuatan materi presentasi secara digital untuk masyarakat umum. Kegiatan dengan tema Pelatihan dan Pengenalan Microsoft Power Point Sebagai Sarana Media Presentasi ini, dihadiri peserta dari Karang Taruna RW. 05 Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu (21/10) di Kantor Kelurahan Tegal Parang, yang berlokasi di Jl Tegal Parang Selatan V No 19C,  Jakarta.

Baca juga: Dosen UNM Beri Pelatihan Pemanfaatan Digital Parenting Control

Pemanfaatan Power Point Sebagai Media Presentasi

Pengabdian Masyarakat ini diinisialisasi oleh kelompok dosen UNM yang terdiri dari Antonius Yadi Kuntoro, Diah Ayu Ambarsari, Muhammad Ifan Rifani dan Ispandi. Selain itu, dibantu juga oleh mahasiswa UNM yang terdiri dari Eki Andi Irianto, Junita Manurung, Komarudin, Ngatini Soe, dan Rinto Wijayanto.

Muhammad Ifan Rifani selaku tutor di tim pengabdian masyarakat ini menjelaskan aplikasi-aplikasi atau tools apa saja yang bisa digunakan untuk membantu melakukan presentasi atau memaparkan materi, wawasan, ulasan, evaluasi dan lainya secara digital.

Ia juga menjelaskan bagaimana langkah-langkah membuat tampilan materi menggunakan Power Point yang baik agar dapat menarik perhatian audience untuk menyimak. Mulai dari pemilihan latar belakang, animasi, transisi teks, memilih jenis font yang tepat, menambahakan audio, video dan gambar, hingga langkah presentasi atau menyampaikan materi dengan baik menggunakan Power Point yang telah selesai dibuat.

Sementara itu, Antonius Yadi Kuntoro selaku ketua tim mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin tiap semesternya. Selain karena merupakan kewajiban seorang dosen untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga untuk menyampaikan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk anggota Karang Taruna RW.05 Kelurahan Tegal Parang yang menjadi peserta kali ini.

“Dari Kampus UNM memang secara rutin melakukan pengabdian masyarakat tiap semester. Selain materi yang ingin kami sampaikan, peserta juga bisa meng-request materi yang mereka inginkan pada kegiatan pengabdian masyarakat di waktu selanjutnya,” katanya.

Baca juga: Dosen FTI UNM Prodi Sains Data Beri Pelatihan Analisa Data Youtube dan Website

Maulana, salah satu peserta sekaligus ketua Karang Taruna RW. 05 Kelurahan Tegal Parang mengatakan, kegiatan ini bisa berdampak baik, karena ilmu yang dibagikan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan karang taruna di waktu mendatang.

“Kegiatan ini bisa berdampak besar kepada anggota karang yang ingin mengetahui pemanfaatan teknologi dalam hal penyampaian materi seperti menggunakan aplikasi Microsoft Power Point ini,” ujar Maulana.

Ia berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini bisa terus berlanjut dan terus dilaksanakan oleh dosen-dosen UNM secara konsisten di waktu yang akan datang, dengan tema materi yang bervariasi. (UMF)