Tim Dosen Ilmu Komputer (S2) FTI Universitas Nusa Mandiri Berikan Pelatihan Data Science

Dosen FTI UNM Beri Pelatihan Data Science
Dosen FTI UNM Beri Pelatihan Data Science

Jakarta, NusamandiriNews–Tim dosen dari Program Studi Ilmu Komputer (S2) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada Sabtu (21/10), bertempat di aula Kantor Kelurahan Tegal Parang. Kegiatan ini menggandeng mitra Unit Kerja Karang Taruna (UKKT) RW 04 Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

PkM mengusung tema besar ”Pelatihan dan Pengembangan Berbasis Teknologi dalam Mengembangkan Pengetahuan Digital”. Sedangkan materi pelatihan yang diberikan  terbagi dalam dua sub tema, pertama tentang ”Pengenalan Data Science Untuk Eksplorasi Data Sebagai Peluang Bisnis dan Pengembangan Karir Bagi Karang Taruna”, kedua tentang ”Pelatihan Data Visualization untuk Presentasi Bisnis”.

Baca juga: Dosen Sistem Informasi UNM Ajarkan Pengurus JPRMI Untuk Manfaatkan Pengelolaan Aset Digital

Pelatihan Data Science

Materi Pengenalan Data Science dibawakan oleh Dr. Windu Gata sebagai ketua tutor. Materi dibuka dengan pengenalan pentingnya data science di era digital.

“Di era digital yang terus berkembang, data telah menjadi komoditas berharga yang sangat diperlukan oleh berbagai entitas seperti bisnis, pemerintah dan organisasi, tidak terkecuali organisasi Karang Taruna yang memiliki peran sentral dalam memajukan perkembangan masyarakat di tingkat lokal. Untuk menjalankan peran ini secara efektif, peran penting data science menjadi sangat jelas agar mampu menciptakan peluang bisnis dan karirnya,” papar Dr. Windu Gata.

Dalam acara yang dihadiri oleh pengurus dan anggota Karang Taruna, peserta fokus dengan materi yang disampaikan dan aktif berpartisipasi dengan diskusi dan pertanyaan yang diajukan.

“Adanya data science dapat membantu mengidentifikasi masalah dan peluang lokal yang mungkin terlewatkan. Kami dari Karang Taruna dapat berinovasi dalam pemecahan masalah yang berdampak positif serta dapat menjadi contoh bagi komunitas lainnya sehingga memicu peningkatan minat dalam bidang data science di tingkat komunitas yang lebih luas,” terang salah satu peserta.

Baca juga: Dosen FTI UNM Beri Pelatihan Penerapan E-Learning Pada Pengurus JPRMI di Era Milenial

Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditutup dengan foto bersama. Semangat belajar dan semangat berbagi pengetahuan telah menguatkan hubungan positif antara sivitas akademika dan masyarakat untuk membantu memajukan penggunaan teknologi informasi di lingkungan masyarakat.

“Panitia sangat berharap bahwa keberhasilan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini akan menjadi landasan untuk kegiatan-kegiatan serupa di masa depan,” tutup Dr. Agus Subekti selaku Kaprodi Ilmu Komputer (S2). (UMF)