Universitas Nusa Mandiri Lolos Hibah Pendanaan untuk Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan

Bekasi, NusamandiriNews – Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan bangga mengumumkan bahwa telah berhasil mendapatkan hibah pendanaan dalam Program Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Berbasis Kemitraan Tahun 2023. Hibah ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek) dan bertujuan untuk mendukung program pembinaan UMKM berbasis kemitraan.

Berdasarkan penilaian proposal akhirnya UNM lolos mendapatakan pendanaan untuk Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan, dan telah dilakukan penandatangan kontrak pada Senin, 23 Oktober 2023 di HARRIS Hotel & Conventions Bekasi, Jl. Bulevar Ahmad Yani Marga Mulya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Dosen Kampus Digital Bisnis UNM Lolos Program Hibah Penelitian Kemdikbudristek Tahun Anggaran 2023

Proses hibah pendanaan ini melibatkan tim pelaksana yang terdiri dari Ketua yakni Ida Zuniarti, Nita Merlina, Andi Saryoko, Lia Mazia, Instianti Elyana, Tati Mardiana, Arfhan Prasetyo, Anton, Sukmawati Anggraeni Putri, Daning Nur Sulistyowati, Siti Nurlela, dan Maruloh.

“Tujuan utama dari program ini adalah mewujudkan kontribusi aktif Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam membantu UMKM dalam menyelesaikan permasalahan dan/atau pengembangan usaha. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Perguruan Tinggi yang terintegrasi dalam memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa,” tutur Ida.

Ia mengatakan, UNM memenuhi syarat untuk program ini karena mencapai capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang signifikan pada tahun 2022 dan memiliki tingkat kelengkapan pelaporan di Pangkalan Data Ditjen Diktiristek mencapai minimal 95%. Berdasarkan penilaian ini, UNM dapat membina dua mitra UMKM.

“UNM saat ini bermitra dengan dua UMKM, yaitu Okian Makmur Abadi dan Kopi Goenoeng Berjaya. Melalui hibah ini, UNM berkomitmen untuk meningkatkan program-program yang mendukung UMKM dan membantu pelaku UMKM dengan berbagai cara, termasuk pelatihan, workshop, pendampingan akses ke pasar, sumber daya teknologi, dan pengembangan bisnis,” pungkasnya.

Baca juga:Program Hibah Penelitian Kemendikbud Ristek Yang Dinanti Dosen

Ia mengatakan, UNM akan terus memantau perkembangan dan proyek-proyek yang didanai oleh hibah ini, serta akan melibatkan pelaku UMKM dan pihak-pihak yang terlibat dalam upaya ini. Semoga hibah pendanaan ini dapat memberikan manfaat besar bagi perkembangan UMKM dan ekonomi di daerah yang terkait.(ACH)