Prodi Informatika Sukses Gelar Workshop Data Mining

webinar Prodi Informatika
webinar Prodi Informatika

Jakarta, NusamandiriNews–Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan kegiatan workhop Implementation Predictive Algorithms In Data Mining, pada Sabtu 18 November 2023 pukul 09:00-12:00 WIB secara daring.

Arfhan Prasetyo selaku ketua prodi Informatika mengatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian dan pemahaman mahasiswa dalam menerapkan algoritma prediksi saat pemrosesan data.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Analisis Data, Prodi Sains Data UNM Sukses Gelar Workshop Codeless Data Science Using KNIME For Business

Workshop Data Mining

“Melalui workshop ini diharapkan mahasiswa dapat bertambah wawasan dan pemahamannya dalam menerapkan algoritma prediksi saat pemrosesan data,” tegasnya.

Narasumber yang hadir yakni Arief Rama Syarif dari Yayasan Komunitas Open Source. Dalam pemaparannya, ia menyampaikan pentingnya pemodelan prediktif untuk membantu bisnis dalam membuat keputusan yang tepat, mengantisipasi tren dan memperoleh keunggulan kompetitif dengan memanfaatkan wawasan yang diperoleh dari analisis data.

Baca juga: Prodi Informatika UNM Akan Adakan Workshop On Implementation Of Machine Learning Prediction Algorithms in Data Mining

Ia menjelaskan sekilas tentang KNIME, yakni platform analisis, pelaporan, dan integrasi data sumber terbuka.

“Platform KNIME memungkinkan pengguna untuk membuat aliran data secara visual, menjalankan langkah-langkah analisis yang dipilih, dan memeriksa hasilnya. Manfaat Pemodelan Prediktif dengan KNIME yakni antarmuka yang ramah pengguna, kemampuan integrasi yang luas, algoritma pembelajaran mesin yang beragam, skalabilitas dan fleksibilitas, dukungan komunitas sumber terbuka,” papar Arief. (UMF)