Prodi Sistem Informasi dan Prodi Informatika UNM Beri Edukasi Cara Menulis Publikasi Jurnal Nasional Pada Mahasiswa

Webinar Penulisan Publikasi Jurnal Nasional
Webinar Penulisan Publikasi Jurnal Nasional

Jakarta, NusamandiriNews–Webinar ‘Menulis Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Nasional’telah sukses terlaksana. Program Studi (prodi) Sistem Informasi dan prodi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai penyelenggara sukses gelar acara ini secara daring pada Sabtu (09/12), pukul 09.00-12.00 WIB.

Menghadirkan Frieyadie sebagai narasumber, Chief Editor Jurnal Riset Informatika Sinta 3, sebagai reviewer di beberapa jurnal nasional maupun internasional dan sebagai Dosen di Universitas Nusa Mandiri. Dengan moderator Titin Kristin, Dosen prodi Sistem Informasi UNM. Acara dihadiri mahasiswa/i semester 8 di UNM dan dosen.

Baca juga: Siapkan SDM Profesional, Prodi Manajemen dan Prodi Bisnis Digital UNM Sukses Gelar Webinar Profesionalisme Program Studi

Webinar Cara Menulis Publikasi Jurnal Nasional

Frieyadie menjelaskan tentang pentingnya menulis artikel ilmiah dari hasil penelitian salah satunya yakni skripsi yang sudah dibuat.

“Hal ini penting untuk dilakukan untuk dapat menaikkan ranking universitas pada bagian citasi jurnal,” jelas Frieyadie.

Langkah-langkah penting dalam penulisan artikel ilmiah, papar Frieyadie yaitu mulai dari pemilihan topik penelitian, penyusunan kerangka teoritis, menjelaskan metodologi penelitian, melakukan analisis data, penulisan artikel ilmiah, peer review sampai publikasi jurnal nasional.

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Tools Riset, Program Magister Ilmu Komputer UNM Akan Adakan Webinar Application of Data Mining in Research

“Dalam penulisan arikel ilmiah, ikuti struktur umum artikel ilmiah mulai dari abstrak, pendahuluan, kajian literatur, metodologi penelitian, hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan,” paparnya.

Ia menambahkan agar penulis dapat pastikan penggunaan bahasa ilmiah yang jelas dan tepat. Gunakan referensi yang relevan dan akurat sesuai dengan gaya penulisan jurnal yang diikuti.

“Gunakan bahasa yang jelas, padat dan tepat dalam penulisan artikel ilmiah. Perhatikan tata letak, format dan gaya penulisan yang sesuai dengan jurnal yang dituju,” ungkapnya. (UMF)