Pelatihan Penerapan Teknologi AI Gunakan Bing Microsoft dan Vidnoz AI Untuk Remaja Karang Taruna Ragunan

Pelatihan Penerapan Teknologi AI Gunakan Bing Microsoft dan Vidnoz AI Untuk Remaja Karang Taruna Ragunan
Pelatihan Penerapan Teknologi AI Gunakan Bing Microsoft dan Vidnoz AI Untuk Remaja Karang Taruna Ragunan

Jakarta, NusamandiriNews–Sebagai sebuah organisasi pemuda dalam masyarakat, Karang Taruna kelurahan Ragunan membutuhkan informasi  pengetahuan dan mengenai langkah-langkah teknik dalam penerapan pemanfaatan teknologi AI menggunakan Bing AI dari Microsoft dan penggunaan Vidnoz dalam setiap konten untuk di share dalam media sosial.

Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar pelatihan penerapan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memberi pengetahuan dan wawasan pada organisasi Karang Taruna, Ragunan. Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk tri dharma perguruan tinggi berupa pengabdian masyarakat dengan ketua pelaksana Achmad Rifai, tutor Syaifur Rahmatullah, tim anggota tutor yakni Sita Anggraeni dan Tyas Setiyorini, dibantu mahasiswa yakni Andri Kurniawan, Elya Yulandari, Agung Yudha Hermanto dan Haerul Saleh. Acara ini berlangsung sukses pada Sabtu, 30 Maret 2024 bertempat pada Universitas Nusa Mandiri kampus Damai, jl Damai No 8 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Baca juga: Manfaatkan Aplikasi Web Nation Untuk Kelola Manajemen, Dosen Universitas Nusa Mandiri Beri Pelatihan Pada Pengurus JPRMI

Pelatihan Penerapan Teknologi AI

Ketua pelaksana kegiatan, Achmad Rifai mengatakan Karang Taruna kelurahan Ragunan membutuhkan informasi pengetahuan dan mengenai langkah-langkah teknik dalam penerapan pemanfaatan teknologi AI menggunakan Bing AI dari Microsoft dan penggunaan Vidnoz dalam setiap konten untuk di share dalam media sosial.

“Bing AI bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pencarian online pengguna dengan menyediakan hasil yang lebih relevan dan personal. Hal ini bermanfaat bagi organisasi karang taruna dalam pembuatan konten,” kata Rifai.

Sementara itu, Syaifur Rahmatullahi sebagai tutor memberikan penjelasan dalam pelatihan mengenai pentingnya Artificial Intelligence (AI) dalam perkembangan teknologi yang memanfaatkan perangkat berupa mesin atau lainnya yang memiliki kemampuan berperilaku seperti manusia dalam menyelesaikan tugas tertentu.

Baca juga: Pelatihan Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Pada Yayasan As-Syamsuriyah

“Bing AI menjadi bagian integral dari platform mesin pencari Bing yang dikembangkan oleh Microsoft, dibangun dengan teknologi AI disisi lain Vidnoz merupakan Generator Video AI serbaguna dan gratis untuk pembuatan video mudah, hal ini dilakukan melalui penggunaan kecerdasan buatan dan otomatisasi cerdas, selain AI Video Generator, Vidnoz menawarkan banyak alat berbeda seperti  Generator Kartun, Pembuat Foto Kepala dan Alat Tukar Wajah,” jelas Syaifur.

Pada kesempatan ini, peserta bernama Rifqi mengutarakan bahwa dirinya sangat senang mengikuti pelatihan ini, baginya pelatihan mengenai teknologi AI merupakan hal yang menarik, karena up to date dalam perkembangan dunia teknologi saat ini.

“Pelatihan ini bisa memicu kreatifitas dalam pembuatan konten dalam mengisi media sosial bagi pengurus karang Taruna kelurahan Ragunan,” ungkapnya. (UMF)