Belajar Low Code Data Mining Menggunakan KNIME, Mahasiswa Magister Ilmu Kompter Makin Cakap Dalam Penelitian

Belajar Low Code Data Mining Menggunakan KNIME
Belajar Low Code Data Mining Menggunakan KNIME

Jakarta, NusamandiriNews–Program Studi (prodi) Magister Ilmu Komputer, Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar “Workshop Application of Data Mining in Research” pada Minggu 30 Juni 2024. Kegiatan ini dipandu oleh Riyan Latifahul Hasanah sebagai moderator dan diikuti oleh mahasiswa semester 3 peminatan Data Mining dan peserta umum.

Webinar mengangkat sub tema “Low Code ML Hands-on with KNIME, Free & Open Source Data Mining Software”, menghadirkan Arief Rama Syarif, Founder Yayasan Komunitas Open Source sekaligus Certified Trainer & Contributor KNIME pertama dari Indonesia sebagai narasumber.

Baca juga: Temukan Gap dan Kontribusi Penelitian Dengan Analisis Bibliometrik, Mahasiswa Magister Ilmu Komputer Universitas Nusa Mandiri, Jagonya!

Belajar Low Code Data Mining Menggunakan KNIME

Dalam materinya, Arief menyebutkan bahwa trend penelitian machine learning dan data mining kini dapat dilakukan dengan tools yang menggunakan baris coding yang sedikit (low code) bahkan tanpa coding (codeless).

“KNIME merupakan platform analisis yang berbasis open source. Prinsip penggunaannya adalah drag-and-drop, sehingga tidak memerlukan banyak baris coding. Trend software low code ini sudah sangat banyak digunakan bahkan oleh perusahaan-perusahaan besar,” papar Arief.

Menurut Arif, meskipun penggunaan KNIME minim coding, namun pengguna KNIME harus tetap memahami koding agar mengerti prinsip algoritma yang berjalan.

Baca juga: Prodi Ilmu Komputer (S2) UNM Siapkan Mahasiswa Jadi Penulis Jurnal Ilmiah Internasional

“Selain pemahaman algoritma, perlu dipahami juga terkait data visualization, yaitu menganalisa hasil output KNIME berupa tabel dan diagram. Disini statistika dasar harus dipahami,” terang Arif.

Selain pemaparan materi dan pembahasan studi kasus, Arif juga memberikan pesan agar lebih siap dalam menyusun tesis.

“Lakukan penelitian berdasarkan bidang yang disuka, misalnya network, marketing dan lain-lain. Jika masih bingung penelitian yang diambil, bisa dicoba melakukan penelitian time series dari bidang tersebut, karena penelitian time series merupakan salah satu jenis penelitian yang sangat menarik untuk dilakukan,” tutupnya. (UMF)