Pentingnya Menulis Artikel Ilmiah dari Hasil Penelitian, Fakultas Teknologi Informasi UNM Gelar Webinar Publikasi

Menulis Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Nasional
Menulis Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Nasional

Jakarta, NusamandiriNews–Webinar ‘Menulis Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Nasional’ sukses digelar oleh Program Studi (prodi) Sistem Informasi dan Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) digelar secara daring pada Sabtu 6 Juli 2024, pukul 09.00-12.00 WIB.

Menghadirkan Frieyadie, Redaktur Jurnal Nusa Mandiri sebagai narasumber dan dipandu oleh Titin Kristiana, dosen Prodi Sistem Informasi selaku Moderator. Acara mahasiswa/i semester 8 di Universitas Nusa Mandiri juga dosen UNM.

Baca juga: Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen Universitas Nusa Mandiri Hasilkan Publikasi Ilmiah Terindeks SINTA 5

Menulis Artikel Ilmiah Publikasi Jurnal Nasional

Menurut Frieyadie, pentingnya menulis artikel ilmiah dari hasil penelitian salah satunya skripsi yang sudah kita buat yaitu dapat menaikkan ranking universitas nusa mandiri pada bagian citasi jurnal.

Baca juga: Aktif Buat Artikel Ilmiah, Sinergi Dosen dan Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Aplikasikan Pengetahuan Melalui Riset Lapangan

“Langkah-langkah penting dalam penulisan artikel ilmiah yaitu mulai dari pemilihan topik penelitian, penyusunan kerangka teoritis, menjelaskan metodologi penelitian, melakukan analisis data, penulisan artikel ilmiah, peer review sampai publikasi jurnal nasional,” jelasnya.

Dalam penulisan arikel ilmiah, jelas Frieyadie ikuti struktur umum artikel ilmiah mulai dari abstrak, pendahuluan, kajian literatur, metodologi penelitian, hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan.

“Pastikan penggunaan bahasa ilmiah yang jelas dan tepat. Gunakan referensi yang relevan dan akurat sesuai dengan gaya penulisan jurnal yang diikuti. Gunakan bahasa yang jelas, padat dan tepat dalam penulisan artikel ilmiah. Perhatikan tata letak, format dan gaya penulisan yang sesuai dengan jurnal yang dituju,” paparnya. (UMF)