Gali Peminatan Lebih Dalam, Prodi Magister Ilmu Komputer UNM Gelar Sosialisasi

Prodi Magister Ilmu Komputer UNM Gelar Sosialisasi
Prodi Magister Ilmu Komputer UNM Gelar Sosialisasi

Jakarta, NusamandiriNews–Program Studi (prodi) Magister Ilmu Komputer, Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menggelar Sosialisasi Peminatan Konsentrasi pada Sabtu (20/07). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai spesialisasi peminatan yang terbaru.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Anton selaku Dekan Fakultas Teknologi Informasi, menyampaikan dengan berubahnya kurikulum Prodi Magister Ilmu Komputer yang mengacu pada Kurikulum KPT Berbasis OBE, maka terdapat perubahan spesialisasi peminatan dibandingkan kurikulum sebelumnya.

Baca juga: Prodi Ilmu Komputer (S2) UNM Sukses Gelar Workshop Strategi Penyusunan Penelitian

Prodi Magister Ilmu Komputer UNM

“Peminatan yang terbaru yaitu Artificial Intelligence & Blockchain, Software Engineering & Data Science serta Computer Vision & Image Processing,” papar Anton.

Sementara itu, materi sosialisasi dipaparkan oleh Dr Agus Subekti selaku Kaprodi Ilmu Komputer UNM, yang menjelaskan struktur mata kuliah dari kurikulum yang terbaru, sekaligus contoh penelitian dari masing-masing peminatan.

“Setiap peminatan terdiri dari 4 mata kuliah, yang berbeda antara satu peminatan dengan peminatan yang lain. 3 Peminatan yang tersedia merupakan pengembangan dari peminatan pada kurikulum sebelumnya,” terang Dr Agus.

Dr Agus menyebutkan sosialisasi ini menginformasikan peminatan yang akan dipelajari dan disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini.

Baca juga: Prodi Ilmu Komputer (S2) UNM Sukses Gelar Workshop Strategi Penyusunan Penelitian

“Mahasiswa tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan dunia kerja. Apakah nantinya ingin menjadi peneliti ataupun praktisi, keduanya tetap dapat dilakukan dengan mengacu materi yang dipelajari selama perkuliahan. Prodi akan menjembatani minat mahasiswa dengan mengarahkan penelitian pada minat dan bidang pekerjaan masing-masing,” papar Dr Agus.

Ia berharap dengan sosialisasi ini mahasiswa dapat mempersiapkan diri dan semakin paham dengan jenis peminatan yang ada.

“Semoga mahasiswa magister ilmu komputer UNM dapat mempersiapkan diri dan paham dengan jenis peminatan yang diambilnya,” tutupnya. (UMF)