Penerapan Artificial Inteligent dan Tata Kelola Teknologi Informasi untuk Transformasi Digital Masjid

Penerapan Artificial Inteligent dan Tata Kelola Teknologi Informasi
Penerapan Artificial Inteligent dan Tata Kelola Teknologi Informasi

Jakarta, NusamandiriNews–Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengabdian kepada masyarakat dengan menggelar kegiatan bertajuk “Peran Pengurus Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia Jakarta (JPRMI) dalam Menerapkan Artificial Intelligence dan Tata Kelola Teknologi Informasi untuk Transformasi Digital Masjid.”

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu 7 September 2024, pukul 13.00 WIB, di UNM Kampus Damai. Kegiatan ini merupakan inisiatif Program Studi Sistem Informasi UNM, dengan tutor utama Frieyadie, yang membimbing para peserta dalam memahami dan memanfaatkan teknologi terkini dalam pengelolaan masjid.

Baca juga: Dosen Universitas Nusa Mandiri Beri Pelatihan Pemanfaatan Claude AI Untuk Pembuatan Aplikasi Manajemen Organisasi JPRMI Jakarta

Penerapan Artificial Inteligent dan Tata Kelola Teknologi Informasi

Tutor Frieyadie, menjelaskan berbagai penerapan praktis dari Artificial Intelligence (AI) dan tata kelola teknologi informasi, khususnya dalam membantu proses manajemen dan pelayanan masjid.

“Transformasi digital yang didorong melalui AI akan mencakup berbagai hal mulai dari manajemen keuangan, kegiatan sosial, hingga interaksi dengan masyarakat melalui platform digital,” jelas Frieyadie.

Frieyadie juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian pengabdian kepada masyarakat oleh Universitas Nusa Mandiri yang berfokus pada peningkatan kapasitas teknologi informasi di berbagai sektor.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan tercipta sinergi antara teknologi dan agama dalam memajukan kualitas pengelolaan masjid di era digital, sehingga peran masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat dapat lebih optimal,” harap Frieyadie.

Baca juga: Dosen Prodi Ilmu Komputer FTI UNM Beri Pelatihan Pemanfaatan AI untuk Peningkatan Literasi Digital

Selain materi yang akan dibawakan oleh Frieyadie, acara ini juga akan dibuka dengan sambutan dari Muklis selaku Ketua JPRMI DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Muklis akan menyampaikan pentingnya peran teknologi dalam mendukung pengelolaan masjid di era digital, serta bagaimana pemuda dapat mengambil peran strategis dalam menerapkan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) untuk berbagai keperluan masjid.

“Selain penyampaian materi, acara ini juga dirancang sebagai forum diskusi dan kolaborasi antara pengurus masjid, pemuda, dan akademisi, guna menciptakan jaringan yang solid dalam penerapan teknologi di lingkungan masjid. Dengan ikut kegiatan ini, para pengurus JPRMI dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan masjid di wilayah mereka masing-masing,” ungkapnya. (UMF)