Kamu Maba UNM? Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Organisasi

Depok, NusamandiriNews – Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil mengadakan MOKA (Masa Orientasi Kampus) sebagai bagian dari rangkaian PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru), Sabtu (21/9).

Acara ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru pada kehidupan kampus serta berbagai kesempatan pengembangan diri melalui organisasi.

Baca juga: Satgas PPKS Universitas Nusa Mandiri: Siap Usir Predator Kampus atau Cuma Formalitas? Yuk, Intip Fakta Serunya!

Selayaknya kampus pada umumnya, UNM memiliki beragam organisasi yang mewadahi minat dan bakat mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Ada Himpunan Mahasiswa (Hima) dari berbagai prodi maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bisa diikuti.

Di antaranya ada HIMMA (Himpunan Mahasiswa Manajemen), HIMABIG (Himpunan Mahasiswa Bisnis Digital), HIMASATA (Himpunan Mahasiswa Sains Data), HIMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi, dan HIMIF (Himpunan Mahasiswa Informatika).

Sementara untuk UKM kamu bisa mengikuti UKM Pencak Silat, Taekwondo, Futsal, dan Pecinta Alam dengan nama Dhinakara yang artinya matahari.

Setiap organisasi mahasiswa di UNM tidak hanya menjadi wadah pengembangan diri, tetapi juga menghasilkan berbagai prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Wakil Rektor II Bidang Non-Akademik Universitas Nusa Mandiri, Arif Hidayat, menjelaskan bahwa tidak ada kewajiban bagi mahasiswa baru untuk bergabung dengan ormawa atau UKM.

Namun, ia dapat mendorong mahasiswa untuk aktif di dalamnya karena pengalaman yang diperoleh dari organisasi akan sangat berharga.

Mahasiswa diizinkan bergabung lebih dari satu organisasi, namun hanya boleh menjadi pengurus di satu organisasi.

“Menjadi bagian dari ormawa bukan hanya soal menambah pengalaman, tetapi juga melatih soft skills yang tidak diajarkan secara langsung di kelas. Di perkuliahan, mahasiswa lebih banyak mengembangkan hard skills, tetapi untuk sukses di dunia kerja, soft skills seperti kepemimpinan, tanggung jawab, dan relasi sangatlah penting,” jelasnya.

Baca juga: Calon Mahasiswa Harap Tenang! MOKA Nusa Mandiri Siap Bikin Kepala Mendidih atau Mimpi Terwujud?

Menurutnya, sebagian besar mahasiswa yang sukses di masa depan adalah mereka yang terlibat aktif dalam organisasi, karena selain menambah wawasan, jaringan yang terbentuk di dalamnya akan sangat membantu saat memasuki dunia kerja.

Dengan beragam UKM dan HIMA yang tersedia, mahasiswa di UNM memiliki banyak pilihan untuk terlibat dan mengembangkan potensi diri. Relasi yang terbentuk dari organisasi juga akan sangat bermanfaat saat terjun ke dunia profesional.(Sismia)