Prodi Sains Data Tingkatkan Kamampuan Hardskill dan Dukung Pengembangan Kompetisi Mahasiswa, Lewat Kegiatan PKKMB

Tingkatkan Kamampuan Hardskill
Tingkatkan Kamampuan Hardskill

Depok, NusamandiriNews–Masa perkuliahan merupakan babak baru dalam perjalanan pendidikan seorang mahasiswa, di mana adaptasi terhadap lingkungan dan sistem kampus menjadi kunci keberhasilan di masa depan. Untuk membantu mahasiswa baru mengenal lebih jauh kehidupan kampus, Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024 dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik. Salah satunya adalah Masa Orientasi Kampus (MOKA), yang dilaksanakan pada Sabtu, 22 September 2024 mulai pukul 07.00 hingga 16.30 di UNM Kampus Margonda, Depok.

 

Tati Mardiana, Ketua Program Studi Sains Data UNM menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan MOKA ini adalah untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada sistem perkuliahan dan kehidupan kampus.

Baca juga: Pamer Prestasi, Bukan Pamer Kekayaan Ortu, Mahasiswa Prodi Sains Data UNM Jadi Contoh Inspirasi Mahasiswa Baru

Tingkatkan Kamampuan Hardskill

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru tentang sistem akademik di UNM, termasuk peraturan perkuliahan, sistem penilaian, serta berbagai program yang akan mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa prodi sains data selama kuliah,” jelas Tati dalam rilis yang diterima, Senin (23/10).

 

Ia menekankan pentingnya kegiatan program studi dalam meningkatkan daya saing lulusan. Program Studi Sains Data tidak hanya menyiapkan mahasiswa dengan kemampuan hardskill seperti analisis data, pemrograman, dan teknologi terbaru di bidang data science, tetapi juga membekali mahasiswa dengasn soft skill seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kemampuan bekerja dalam tim.

 

”Prodi Sains data ingin lulusannya tidak hanya unggul dalam teknis, tetapi juga memiliki kemampuan adaptasi, problem-solving, dan kolaborasi yang baik. Ini sangat penting untuk menghadapi tantangan di dunia kerja saat ini,” tambah Tati.

 

Lebih lanjut, Prodi Sains Data UNM memiliki berbagai program seperti kegiatan penelitian, magang, dan proyek berbasis data science yang relevan dengan perkembangan industri digital saat ini, yang semuanya dirancang untuk meningkatkan daya saing mahasiswa di dunia kerja.

 

Tati juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru, mendorong mahasiswa untuk menjalani masa perkuliahan dengan semangat dan dedikasi.

 

”Ini adalah awal perjalanan yang akan membawa mahasiswa menuju impian dan karier yang diidamkan. Jangan takut untuk belajar, berinovasi, dan terus mengembangkan diri. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada di UNM untuk mengasah keterampilan, baik di dalam maupun di luar kelas. Saya yakin, dengan kerja keras dan komitmen, kalian semua dapat mencapai sukses yang besar,” paparnya.

 

Sementara itu, Kaila, mahasiswa baru Prodi Sains Data yang mengikuti kegiatan MOKA 2024, turut menyampaikan kesan dan harapannya terhadap program studi yang ia pilih.

 

“Saya sangat antusias menjadi bagian dari Prodi Sains Data di UNM. Saya percaya bahwa bidang ini memiliki masa depan yang cerah, terutama di era digital seperti sekarang. Saya berharap bisa belajar banyak tentang bagaimana data bisa dimanfaatkan untuk memecahkan masalah-masalah nyata, baik di industri maupun di kehidupan sehari-hari,” ujar Kaila.

Baca juga: Mahasiswa Prodi Sains Data UNM, Diterima Magang di Perusahaan Besar Nasional

 Ia juga menyampaikan harapannya untuk masa depan kariernya di bidang data science.

 

“Saya ingin menjadi seorang profesional yang mampu memberikan kontribusi signifikan melalui data. Dengan dukungan dari Prodi Sains Data UNM dan berbagai program yang ditawarkan, saya yakin bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi dunia kerja dan mencapai impian saya,” ungkapnya.

 

Sama halnya dengan Kaila, Dini, mahasiswa Prodi Sains Data, juga menyampaikan antusiasmenya mengikuti kegiatan MOKA 2024 ini. Kegiatan MOKA sangat membantu mahasiswa baru memahami sistem perkuliahan di UNM. Setelah mengikuti MOKA, saya merasa lebih siap dan tahu apa yang harus dipersiapkan, terutama dengan bimbingan dosen Prodi Sains Data yang memotivasi saya untuk terus belajar dan berkembang.

 

“Semoga saya dan teman-teman mahasiswa baru dapat memanfaatkan setiap kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, baik akademik maupun non-akademik, yang bisa mengasah kemampuan saya di bidang data science. Dengan bimbingan dosen yang kompeten dan dukungan fasilitas yang ada di UNM, saya berharap bisa tumbuh menjadi seorang profesional yang siap bersaing di dunia kerja dan mampu memberikan kontribusi nyata melalui data,” jelasnya. (UMF)