Jakarta, NusamandiriNews–Pembelajaran Berbasis Capaian (Outcome-Based Education/OBE) menjadi kunci dalam pendidikan tinggi karena menitikberatkan pada kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat. Dengan pendekatan ini, kurikulum, metode pengajaran, dan evaluasi dirancang secara sistematis untuk memastikan mahasiswa mencapai hasil belajar yang optimal.
Sebagai bagian dari siklus PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan), Program Studi Sains Data Universitas Nusa Mandiri (UNM) Kampus Digital Bisnis menggelar Rapat Evaluasi Semester Ganjil 2024/2025 serta Persiapan Semester Genap 2024-2025 secara daring pada Jumat (14/03). Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen untuk memastikan keberlanjutan kualitas pembelajaran serta penyelarasan program studi dengan perkembangan terkini.
Pembelajaran Berbasis Capaian di Program Studi Sains Data UNM
Ketua Program Studi Sains Data UNM, Tati Mardiana memaparkan evaluasi akademik termasuk prestasi mahasiswa, pelaksanaan penelitian dan pengabdian Masyarakat, sertifikasi kompetensi dosen, serta pemetaan pengampu mata kuliah untuk semester mendatang.
Dalam persiapan perkuliahan, semester ini akan dilaksanakan Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Digital Republik Indonesia (BPSDM Komdigi).
“Melalui program ini, mahasiswa akan mengikuti sertifikasi kompetensi Associate Data Scientist dari Badan Nasional Sertifikasi Nasional (BNSP) yang didanai oleh BPSDM Komdigi setelah mahasiswa menyelesaikan mata kuliah Data Mining,” jelasnya dalam rilis (17/03).
Terkait bimbingan skripsi, ia juga mengumumkan bahwa periode pendaftaran bimbingan skripsi semester 2025-1 telah dibuka. Evaluasi dan verifikasi revisi skripsi akan dilakukan melalui repository universitas guna memastikan transparansi dan kualitas penelitian mahasiswa.
“Dosen pembimbing juga diharapkan untuk terus memantau publikasi hasil penelitian mahasiswa sebagai bagian dari peningkatan kualitas akademik,” tambahnya.
Ia berharap seluruh dosen dapat menjalankan tugasnya secara optimal, dengan evaluasi berkala untuk menyesuaikan strategi pengajaran dengan perkembangan ilmu, kebutuhan industri, dan dinamika pembelajaran mahasiswa.
“Mari bersama-sama berkontribusi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas akademik Program Studi Sains Data UNM,” tutupnya. (UMF)