NusamandiriNews, Bogor–Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) bersama mahasiswa memberikan pelatihan Optimalisasi Digital Marketing Menggunakan TikTok pada UMKM Desa Rawa Panjang. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari tri dharma perguruan tinggi dosen dan mahasiswa dalam bentuk pengabdian masyarakat.
Pengabdian masyarakat yang laksanakan oleh dosen Kampus Digital Bisnis, UNM telah diselenggarakan secara tatap muka pada Sabtu 24 Mei 2025, pukul 09.00 WIB, bertempat Aula Kecamatan Bojonggede Jl. Raya Bojong Gede No.316, Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.
Baca juga: Literasi Digital untuk UMKM: Pelatihan Copywriting di Hari Kebangkitan Nasional
Dosen UNM Beri Pelatihan Optimalisasi Digital Marketing
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibuka oleh Frisma Handayanna, selaku ketua pelaksana. Ia mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM mengenai pentingnya pemasaran digital, khususnya melalui TikTok, sehingga mendorong pelaku UMKM untuk memperluas pasar mereka melalui media sosial, serta mengurangi ketergantungan pada pemasaran tradisional.
Baca juga: Membangun Generasi Melek Teknologi, UNM Kenalkan Robotik di TPA Ibnu Salam
“Pelatihan ini juga membahas tentang strategi pemasaran berbasis data dan analitik untuk mengukur keberhasilan kampanye digital di TikTok dan mempunyai keterampilan untuk membuat konten kreatif dan menarik di TikTok yang dapat meningkatkan daya tarik produk mereka,” katanya Frisma dalam rilis yang diterima, Sabtu (24/5).
Pada kesempatan ini, materi disampaikan oleh Maryanah Safitri sebagai Tutor dibantu oleh Tri Santoso. Kegiatan ini disambut baik oleh Ketua UMKM Bojonggede, Diah Fitri Purnamasari.