NusamandiriNews, Depok–Seminar Sosialisasi dan Pelatihan Bisnis Digital bertema “Penerapan Digital Marketing Melalui Personal Branding dan Strategi Branding dalam Pembuatan Konten Video TikTok (Affiliate)” sukses diselenggarakan di Auditorium SMK Citra Negara. Kegiatan berlangsung pada Kamis (20/11), pukul 06.30 hingga 09.00 WIB dan diikuti oleh siswa dari tiga kelas jurusan Pemasaran.
Acara ini diprakarsai oleh mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) semester 3 Program Studi Bisnis Digital sebagai bagian dari tugas mata kuliah Manajemen Organisasi dan SDM. Kegiatan tersebut menjadi bentuk implementasi nyata dari penguatan kompetensi digital yang sejalan dengan positioning Universitas Nusa Mandiri sebagai Kampus Digital Bisnis.
Baca juga: Tanpa Personal Branding, Kariermu Mandek! Program Studi Bisnis Digital UNM Bongkar Strateginya
Pelatihan TikTok Affiliate UNM
Menurut Kaprodi Bisnis Digital, Lia Mazia, seminar ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada siswa mengenai pentingnya digital marketing dalam perkembangan bisnis modern.
“Peserta diperkenalkan pada pemanfaatan platform TikTok untuk memperkuat personal branding, memperluas jangkauan promosi, serta membuka peluang bisnis kreatif di era ekonomi digital,” katanya dalam rilis yang diterima, pada Senin (24/11).
Pada kesempatan ini, Ketua pelaksana, Muhammad Rizki Raffael sebagai developer game Roblox, memimpin jalannya kegiatan. Hadir pula narasumber Allyzra Mawar Apringga dan Valiza Dwi Andini. Acara dipandu oleh moderator Nabil Noor Albar, Alisya Estin Kamila A., dan Frederika Manuella Lawalata, serta didukung tim operator Muhammad Rizky Pradityanto, Nadine Bunga Nauli, dan Ni Komang Ayu Berliana P.V.
Muhammad Rizki Raffael membagikan pengalaman dalam membangun personal branding di dunia game serta peluang bisnis digital melalui penjualan item hingga toko top-up game populer seperti PUBG, Mobile Legends, Free Fire, dan Roblox.
Ia menegaskan bahwa personal branding dapat dibangun tidak hanya di dunia nyata, tetapi juga melalui platform digital game sebagai media bisnis yang potensial.
Sesi berikutnya menghadirkan materi dari Allyzra Mawar Apringga dan Valiza Dwi Andini yang membahas strategi pembuatan konten video TikTok serta pemanfaatan program TikTok Affiliate sebagai penghubung kreator dan penjual melalui sistem komisi.
Peserta dibimbing untuk memahami teknik menjadi host live yang efektif, mengenali produk, menciptakan interaksi yang menarik, hingga menggunakan bahasa promosi yang ringan dan persuasif.
Sebagai kegiatan praktik, peserta dibagi dalam kelompok beranggotakan lima orang untuk membuat video pemasaran berdurasi minimal 30 detik di platform TikTok. Video harus menggunakan audio yang sedang tren serta mencantumkan hashtag resmi yakni #KNOWTIKTOKWITHCEY, #CNxUNM, #SMKCITRANEGARA, #UNIVERSITASNUSAMANDIRI, dan #HIMABIG.
Melalui pelatihan ini, siswa SMK Citra Negara mendapatkan wawasan baru tentang pemanfaatan platform digital dalam memperkuat personal branding, menciptakan konten kreatif, serta mengembangkan peluang bisnis secara lebih efektif di era teknologi yang terus berkembang. Acara ini juga memperkuat peran Universitas Nusa Mandiri sebagai Kampus Digital Bisnis yang berkomitmen menanamkan kompetensi digital generasi muda.












