NusamandiriNews, Jakarta–Program Studi (prodi) Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai Kampus Digital Bisnis menyelenggarakan webinar bertajuk “Exploring Metaverse: The Next Level of Business and Marketing” pada Rabu (26/11) pukul 10.00 WIB secara daring. Kegiatan ini membahas peluang bisnis, strategi pemasaran modern, serta transformasi digital melalui teknologi metaverse yang dinilai semakin relevan bagi dunia industri.
Webinar menghadirkan narasumber utama Dr Faransyah Jaya dari Wiranesia dan diikuti sekitar 80 peserta yang terdiri dari mahasiswa Program Studi Bisnis Digital semester 3 dan 5 serta peserta umum dari berbagai daerah. Melalui platform konferensi virtual, kegiatan ini memberikan akses yang luas bagi siapa pun yang memiliki ketertarikan terhadap perkembangan teknologi digital dan pemasaran masa depan.
Baca juga: Bongkar Rahasia Lolos Publikasi Internasional, Universitas Nusa Mandiri Gelar Webinar Eksklusif!
Metaverse Bukan Main-main
Dalam sesi utama, Dr Faransyah Jaya memaparkan konsep dasar dan strategi pemasaran dalam metaverse, mulai dari immersive experience, avatar-based targeting, hingga community-driven marketing.
“Metaverse membuka ruang baru bagi brand untuk menciptakan interaksi lebih mendalam dengan audiens. Peserta aktif berdiskusi dan mengajukan pertanyaan terkait implementasi metaverse bagi bisnis, UMKM, dan peluang karier digital di masa depan,” jelasnya.
Sementara itu, Kaprodi Bisnis Digital UNM, Lia Mazia mengapresiasi antusiasme peserta dan menegaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi kampus dalam menyiapkan talenta digital yang adaptif dan inovatif.
Baca juga: Universitas Nusa Mandiri Siapkan Akademisi Berkelas Dunia Lewat Webinar Publikasi Ilmiah
“Webinar ini menjadi sarana penting bagi mahasiswa untuk memahami arah perkembangan bisnis digital. Metaverse bukan lagi konsep masa depan, tetapi ruang baru yang harus dipahami sejak sekarang agar mahasiswa siap bersaing di industri digital,” ujarnya dalam rilis yang diterima, pada Kamis (27/11).
Menurut Lia Mazia, pemahaman teknologi metaverse wajib dimiliki oleh mahasiswa Bisnis Digital karena industri global mulai memanfaatkan ruang virtual untuk meningkatkan engagement dan memperluas ekosistem bisnis.
“Kegiatan seperti ini mendorong mahasiswa untuk terus memperbarui wawasan dan memperkuat kompetensi digital secara berkelanjutan,” ungkapnya.












