Menu

Mode Gelap
Universitas Nusa Mandiri Raih Klasterisasi Utama: Pengakuan atas Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNM Beri Penghargaan Inovasi Pada Mahasiswa dan Alumni Berprestasi UNM Terima Penghargaan Apresiasi Penggabungan Perguruan Tinggi Tahun 2021 Manfaat Teknologi Untuk Ketahui Kepribadian dan Kecerdasan Pada Anak Sarah, Mahasiswa UNM yang Aktif Kuliah Sambil Berbisnis UNM Gelar Pembekalan Internal Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022

Artikel Ilmiah

Aplikasi SATRIA BSSN, Hujani Sentimen Negatif

badge-check


					sentimen negatif Perbesar

sentimen negatif

Oleh: Irwansyah Saputra

NusamandiriNews–Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) resmi luncurkan aplikasi bernama SATRIA (Sandi Anda TerenkRipsi dengan Aman) pada 2 November 2021, lalu di gedung BSSN. Aplikasi ini dirancang untuk pengamanan sandi akun baik untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun seluruh masyarakat Indonesia.

Berdasarkan hasil survey (3/11), aplikasi SATRIA sudah terinstall lebih dari 500 pengguna. Namun, dibalik inovasi digital yang dikembangkan tersebut, masih memiliki kelemahan-kelemahan, sehingga para pengguna mayoriras memberikan rating bintang 1 dengan jumlah sebanyak 144 ulasan atau 82,8% dari keseluruhan data yang didapatkan. Akumulasi rating aplikasi SATRIA per 3 November 2021 memiliki rating 1.3 dari skala 5.

Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM), Irwansyah Saputra menjelaskan dalam analisisnya bahwa aplikasi SATRIA memiliki lebih banyak sentiment negatif ketimbang sentiment positif. Ulasan positif mendominasi pada 2 November 2021, lalu dengan jumlah 11 ulasan. Kemudian disusul oleh ulasan negatif dengan grafik tinggi sebanyak 148 ulasan pada hari berikutnya.

Dalam hasil analisis yang dilakukan oleh dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) ini maka ia mendapatkan akumulasi sentimen negatif sebesar 86,2%. Kemudian disusul oleh sentimen positif sebanyak 12,6%, dan terakhir adalah sentimen netral sebanyak 1,1% dengan bantuan word cloud.

Baca juga: Aplikasi Administrasi Rawat Jalan Untuk Membantu dan Memudahkan Rumah Sakit

Tujuan dari analisis ini untuk menjadi acuan dalam melihat keluhan yang banyak disampaikan oleh pengguna aplikasi, pada aplikasi SATRIA.

Sedangkan, pada word cloud positif, terlihat banyak dukungan yang ditujukan untuk aplikasi SATRIA seperti “mantap”, “bermanfaat”, “aman”, “bagus” dan seterusnya.

Baca juga: Dosen Universitas Nusa Mandiri Ciptakan Aplikasi Belajar Wudhu Berbasis Android Untuk Anak

Sementara itu, pada word cloud negatif, terlihat banyaknya keluhan seperti “anggaran”, “bocor”, “jelek”, “boomer”, “sampah” dan yang lainnya.

Selain dari word cloud tersebut, ulasan para pengguna pun menuliskan beberapa kekurangan dari aplikasi tersebut, seperti tidak ada pilihan autentikasi dua faktor seperti aplikasi-aplikasi yang sudah menjadi trend saat ini, tidak ada verifikasi email yang dapat memungkinkan pengguna lain menggunakan email yang bukan miliknya, dan masih banyak lagi ulasan-ulasan negatif lainnya. (UMF)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Kaget di Hari Pertama Kuliah Magister? Tenang, GeNuMan Tak Sendirian!

14 Oktober 2025 - 10:21 WIB

Perbedaan Mendasar Antara Dunia S1 dan S2

7 Tips Bisnis Ampuh dari NSC untuk Mahasiswa dan Generasi Muda

26 September 2025 - 11:16 WIB

7 Tips Bisnis Ampuh dari NSC

S2 Bukan Buat Gaya Tapi Buat Bertahan, Magister Ilmu Komputer UNM Buktinya

24 September 2025 - 13:56 WIB

Program Magister Ilmu Komputer UNM

Siap Jadi Pakar Teknologi Masa Depan? Intip Program Magister Ilmu Komputer Universitas Nusa Mandiri

23 September 2025 - 12:40 WIB

Peran AI dan Blockchain dalam Revolusi Teknologi

Human Library di Era AI: Menjaga Kemanusiaan di Tengah Ledakan Teknologi Digital

22 September 2025 - 15:01 WIB

Apa Itu Human Library?
Sedang Tren di Artikel Ilmiah