Dosen UNM Gelar Pelatihan dan Pemanfaatan Aplikasi Canva

dosen universitas nusa mandiri
dosen universitas nusa mandiri

Jakarta, NusamandiriNews–Keterbatasan pemahaman mengenai penggunaan aplikasi canva pada anggota koperasi wanita Atsiri Citayam, membuat kelompok dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) melaksanakan Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan dan Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Dan Promosi  Produk. Dengan pelatihan tersebut, dapat membantu para pengguna untuk mempromosikan produknya secara mandiri. Kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban dari seorang dosen, yang harus melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara hybrid yaitu dengan langsung memberikan pelatihan dan live juga via Zoom, pada Minggu (13/3). Dengan tutor Eko Setia Budi, dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) Program Studi Sistem Informasi yang menyampaikan pelatihan ini.

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa UNM Sukses Gelar Seminar Optimasi Mesin Pencari Bagi Santri

Dosen Universitas Nusa Mandiri 

Eva Zuraidah selaku ketua pelaksana mengatakan kegiatan pelatihan ini guna membantu memberikan Pengetahuan Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Dan Promosi Produk Kopwan Atsiri Citayam Bogor, dengan ada nya kegiatan ini diharapkan  mampu memasarkan produknya dengan lebih baik lagi.

“Maksud diadakannya pengabdian masyarakat ini adalah sebagai bentuk dari tri dharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen pada setiap semesternya. Dengan tujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan dan meningkatkan pengetahuan mengenai Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Dan Promosi,” jelasnya.

Kelompok dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang terdiri dari Eko Setia Budi selaku Tutor didampingi oleh anggota lain Ade Priyatna, Sanwani dan Eva Zuraidah serta 5 orang mahasiswa program studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) yakni Vitria Margharet, Jajang Abdul Jabar, Muhamad Rizki Darmawan, Iqbal Ubaidilah, Dwi Satria Nugraha.

Sementara itu, Eko Setia Budi selaku ketua kegiatan Pengabdian Masyarakat ini mengatakan kewajiban pada setiap perguruan tinggi sebagaimana dijelaskan dalam tri dharma perguruan tinggi adalah pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Salah satu bentuk kewajiban tersebut, dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) melaksanakan pengabdian masyarakat. Hal ini dilaksanakan berkaitan dengan kepedulian setiap lembaga atau institusi yang bergerak di bidang pendidikan dengan mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi,” tandasnya.

Ia menambahkan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan pada Kopwan Atsiri Citayam Bogor yang berlokasi di Jalan Sedap Malam Raya No 45 Citayam Bogor.

“Pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan wajib kami sebagai dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi selain melakukan pembelajaran bagi mahasiswa di kampus,” tegasnya.

Baca juga: UNM Sinergi Dengan Pelaku UMKM Buat Pelatihan Desain Grafis

Selanjutnya, menurut Rohmah Setiawati, salah satu karyawan Kopwan Atsiri Citayam peserta pelatihan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan bagus sekali. Ia pun berharap pelatihan ini dapat berlanjut .

“Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga ilmu yang kita miliki terus dapat diperbaharui dan tentu akan sangat bermanfaat dalam menunjang kegiatan kami di Kopwan Atsiri Citayam,” ujarnya. (UMF)