Kolaborasi UNM Dengan Pelaku UMKM, Dosen Kampus Digital Bisnis Buat Pelatihan Katalog Produk

Dosen UNM Beri Pelatihan Katalog Produk
Dosen UNM Beri Pelatihan Katalog Produk

BEKASI, NusamandiriNews–Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan urat nadi perekonomian daerah dan nasional. Secara umum UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran sebagai pemeran utama dalam kegiatan ekonomi, penyedia lapangan kerja terbesar, pemain penting dalam pengembangan perekonomian lokal dan pemberdayaan masyarakat, pencipta pasar baru dan sumber inovasi, serta kontribusinya terhadap neraca pembayaran.

Selain itu, UMKM juga memiliki peran penting khususnya dalam perspektif kesempatan kerja dan sumber pendapatan bagi kelompok miskin, distribusi pendapatan dan pengurangan kemiskinan, serta UMKM juga berperan dalam pembangunan ekonomi Sasaran akhir dari setiap pembangunan bermuara pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Baca juga: Nusa Mandiri Center Gelar Kopdar Bersama Komunitas Mahasiswa

Dosen Kampus Digital Bisnis Buat Pelatihan Katalog Produk

Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses melakukan Pengabdian Masyarakat berkolaborasi dengan warga Panjibuwono yang berlokasi Panjibuwono City No. 12A Desa Kedung Pengawas, Babelan, Kabupaten Bekasi pada Minggu, 11 Maret 2023.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Supriyadi dengan tutor Ade Christian dan anggota tim tutor Indah Suryani serta Ibnu Rusdi. Acara ini juga melibatkan beberapa mahasiswa.

Supriyadi mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertema “Pembuatan Desain Katalog Sebagai Media Promosi Berbasis Photoshop Untuk UMKM Warga Panjibuwono Bekasi” dilakukan secara offline.

“Kegiatan ini dimulai pada pukul 09:00 – 12:00 WIB dan diikuti oleh para pelaku UMKM warga Panjibuwono,” katanya.

Ia berharap dengan pelatihan ini juga kami berharap para pelaku UMKM bisa menguasai teknologi informasi yang merupakan modal besar untuk jadi pemenang dalam persaingan global.

Sementara itu, Asep Iwan Pengurus RT dan selaku pembina UMKM, dalam sambutanya menyatakan bahwa desain produk yang bagus dapat meyakinkan pembeli untuk membeli sehingga diharapkan dapat menjadi media promosi produk juga.

Baca juga: Dosen Kampus Digital Bisnis UNM Beri Pelatihan Pemanfaatan Canva

Dalam materi kegiatan pengabdian ini,  Ade Christian selaku tutor memberikan pelatihan yang menyebutkan bahwa desain produk yang apik dapat membuat konsumen menjadi tertarik untuk membeli jadi sekaligus bisa menjadi promosi.

“Pelatihan ini menggunakan beberapa tool yang mudah dari software photoshop. Aplikasi yang dipakai dianggap sebagai aplikasi utama dan mudah digunakan karena sudah lengkap untuk desain konten,” ungkapnya. (UMF)