Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Family Link Untuk Kontrol Penggunaan Gadget Pada Anak

Pemanfaatan Family Link
Pemanfaatan Family Link

Tangerang, NusamandiriNews–Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa mandiri (UNM) Fakultas Teknologi Informasi program studi (Prodi) Informatika menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara online dengan target peserta pengabdian masyarakat ialah Pemuda GP (Gerakan Pemuda) Ansor Ciledug, berlokasi di Sekretariat GP Ansor Ciledug Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Paninggilan Utara, Ciledug, Tangerang.

Kegiatan ini mengambil tema Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Family Link Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak. Acara yang dilaksanakan secara daring pada Minggu 19 Maret 2023 sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi para dosen.

Pengabdian masyarakat pada semester Genap 2022-2023 ini melibatkan 4 dosen Prodi Informatika Fakultas Teknologi Informasi dengan ketua pelaksana kegiatan Ruhul Amin, tutor Bakhtiar Rifai dengan anggota Normah, Susafa’ati serta melibatkan mahasiswa dari Prodi Informatika yaitu Kukuh Dwi Prasetyo, Moh Chummaedi Amrullah, Fadhila Dzaki Armando, Ahmad Sirojudin Kamil dan Jordy Ali Rafanjani.

Baca juga: Dosen UNM Beri Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi

Pemanfaatan Aplikasi Family Link

Ruhul Amin sebagai ketua pelaksana kegiatan mengatakan salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi para dosen yakni dengan melakasanakan pengabdian masyarakat.

“Pengabdian masyarakat ini membahas tentang pelatihan family link dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak dimana ada beberapa permasalahan yang terindentifikai pada anggota PM yaitu: Berkurangnya kegiatan sosial warga terutama pada anak-anak, keresahaan warga dikarenakan penggunaan gadget yang berlebihan terutama pada kalangan anak-anak, isu penculikan anak sekolah yang meresahan orang tua,” terangnya dalam rilis yang diterima, Selasa (28/3).

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, kami memberikan pelatihan pemanfaatan Aplikasi Family Link dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak, pelatihan kami berikan kepada anggota GP Ansor Ciledug.

“Semoga dengan pelatihan ini dapat meningkatnya pemahaman bagaimana mengontrol penggunaan gadget, mengalihkan waktu dan perhatian anak kembali pada kegiatan sosial di lingkungan sekitar,” katanya.

Baca juga: Kolaborasi UNM Dengan Pelaku UMKM, Dosen Kampus Digital Bisnis Buat Pelatihan Katalog Produk

Sementara itu, Bakhtiar Rifai sebagai pemateri membahas tentang pengenalan family link, bagaimana mengontrol aplikasi family link, keuntungan yang didapat dari penggunaan family link.

“Kami berharap dengan workshop ini Anggota GP Ansor Ciledug dapat menggunakan aplikasi family link secara efektif dan dapat mensosialisasikan kembali pada warga lainnya untuk penerapan aplikasi demi keamanan bersama,” ungkapnya. (UMF)